-->

11 Cara Gampang Mengatasi Layar Hp Yang Tidak Dapat Disentuh

HP Tidak Bisa Disentuh - Bagaimana cara mengatasi layar hp yang tidak sanggup disentuh ?

LCD HP merupakan potongan dari perangkat android yang rawan dan gampang rusak kalau kita tidak berhati - hati dalam penggunaannya.

Meskipun kini ini teknologi sebuah smartphone sudah di dukung dengan jenis layar sentuh menyerupai gorilla glass ataupun layar super amoled, duduk perkara layar hp tidak sanggup disentuh masih saja sering kita alami.

Namun selama layar hp masih sanggup berfungsi (dipencet) meskipun retak akhir jatuh, jangan terburu - buru untuk mengganti touchscreen android terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan banyak faktor penyebab yang menciptakan layar hp menjadi tidak sanggup disentuh.

Kali ini akan menawarkan 11 solusi terbaik untuk menciptakan hp yang layarnya tidak sanggup disentuh menjadi normal kembali.

11 Cara Mengatasi Layar HP Android Yang Tidak Bisa Disentuh (Sebagian / Sama Sekali)

cara mengatasi layar hp yang tidak sanggup disentuh 11 Cara Praktis Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Disentuh

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh


Sering kali layar hp tidak sanggup di sentuh itu dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab menyerupai berikut ini :

1. Layar HP Android Kotor

Kontaminasi dari sisa kuliner yang melekat di layar lcd hp biasanya akan menciptakan layar hp tidak sanggup gerak, terlabih lagi kalau kotoran yang melekat sejenis minyak sisa makanan.

2. Penggunaan RAM Terlalu Besar

Penyebab hp tidak sanggup disentuh layarnya itu juga sanggup dikarenakan duduk perkara software dari perangkat android itu sendiri.

Misalnya saja, ketika penggunaan RAM terlalu besar tentu akan menciptakan hp menjadi lemot sehingga terkesan layar tidak merespon.

3. HP Pernah Terjatuh
 
Biasanya kalau hp kau mendadak tidak berfungsi sehabis terjatuh, apabila kondisi layar tidak retak maka terdapat kemungkinan socket jalur lcd kendor atau lepas menjadi penyebabnya.
 
4. HP Ketindihan
 
Biasanya hp akan hang lantaran sensitivitas layar sentuh terganggu sehingga meskipun sudah dipencet berulang kali, touchscreen hp tetap tidak akan mau digeser.
 
5. HP Kena Air
 
Air yang masuk ke dalam komponen perangkat android sanggup mengakibatkan terjadinya konsleting. Alhasil, tentu sanggup menjadikan kerusakan pada layar sentuh hp android yang kau miliki.

Namun kau masih sanggup mengantisipasi kalau tanpa sengaja hp terjatuh ke dalam air, pada langkah ke 11 kami berikan cara mengatasinya dengan mudah.

6. LCD HP Retak
 
Nah, biasanya ini akan terjadi pada pengguna hp android yang mempunyai jenis layar super amoled.

Apabila layar dalam kondisi retak (parah) akan berakibat layar hp tidak sanggup disentuh sebagian.

Mengapa menyerupai itu ? Sebab layar super amoled mempunyai ciri khas khusus, yakni LCD dan Touchscreen menjadi satu.

Dan apabila ponsel android kau sedang mengalami duduk perkara yang sama dengan pembahasan kali ini, alangkah baiknya kalau kau tidak terburu - buru untuk mengganti touch screen hp tersebut.

Selain harga dan biaya ganti touchscreen hp android yang tidak murah, penyebab layar sentuh android yang tidak berfungsi tersebut juga tidak selalu lantaran LCD HP rusak.

Solusi Layar Sentuh HP Tidak Bergerak Saat Disentuh


Maka dari itu kalau kondisi layar hp kau menyerupai kejadian di atas, coba ikuti langkah - langkah berikut ini supaya layar sentuh hp sanggup berfungsi kembali kalau disentuh.

1. Bersihkan Layar HP


Jika layar sentuh hp km tidak berfungsi ketika disentuh coba gunakan langkah termudah terlebih dahulu, yaitu dengan membersihkan layar ponsel tersebut.
cara mengatasi layar hp yang tidak sanggup disentuh 11 Cara Praktis Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Disentuh



HP android akan menjadi tidak normal meskipun jari kau sudah menggeser - geser layar berulang kali apabila terdapat  kotoran yang melekat ataupun minyak dari sisa kuliner pada lcd hp tersebut.

Maka dari itu solusinya yaitu dengan cara membersihkan layar sentuh hp android kau memakai langkah - langkah sebagai berikut :

  • Pertama coba gunakan tisu atau kain yang sudah sedikit kau basahi
  • Lalu gosok secara perlahan dan memutar pada potongan touchscreen hp km hingga bersih
  • Namun kalau layar hp masih tidak sanggup disentuh, coba lepas screen protector dan ulangi membersihkannya

Akan tetapi kalau sehabis kau membersihkan hp tapi layar sentuh masih tidak sanggup digeser, maka cobalah untuk memakai langkah ke kedua di bawah ini.


2. Hapus Pemakaian RAM


Kenapa ketika layar ponsel tidak sanggup disentuh harus melihat penggunaan RAM pada perangkat android ?

Hal ini dikarenakan ketika RAM penuh, seringkali sistem tidak sanggup bekerja dengan normal.

Misalnya saja, hp blank hitam / putih sehingga akan menyerupai touchscreen tidak berfungsi secara datang - tiba.

Maka dari itu untuk mengatasi layar sentuh berhenti mendadak tersebut, bersihkan RAM memakai aplikasi menyerupai Clean Master atau Force Stop Aplikasi dengan cara sebagai berikut :

Buka sajian sehabis > pengaturan lainnya > pengelolaan aplikasi > pilh aplikasi > kemudian pilih opsi "Paksa Berhenti"

3. Matikan HP Beberapa Saat


Apabila aplikasi sudah kau paksa berhenti namun layar hp masih saja error, cobalah untuk mematikan hp android beberapa saat.

Tujuan dari mematikan hp yaitu untuk mendinginkan perangkat android tersebut yang mengalami panas berlebih.

Sebab terkadang permukaan layar tidak sanggup berfungsi sebagain ketika suhu ponsel terlalu panas.

UPDATE 

Bagaimana kalau layar tidak sanggup disentuh ketika akan menekan tombol matikan daya ?

Jika kau memakai hp dengan baterai removeble, cara mematikan hp yang layarnya tidak sanggup disentuh yaitu dengan melepas baterai hp (mematikan hp secara paksa).

Namun kalau hp kau memakai baterai nonremoveble / baterai tanam (misalnya hp xiaomi 4a) maka cara mematikan dayanya sanggup kau lakukan dengan menekan tombol power sekitar 10 - 20 detik.

4. Pijat Layar HP


Jika layar hp kau tidak sanggup disentuh akhir sering terjatuh maka memijat hp sanggup menjadi solusi alternatif yang perlu kalian coba.

Memijat / menekan layar hp ini berfungsi untuk mengencangkan dari potongan layar hp yang mungkin sudah longgar lantaran sering terjatuh.

Caranyapun tidak sulit, yaitu :

  • Pertama tekan layar dan casing
  • Gunakan jempol untuk menekan pada potongan layar yang tidak sanggup disentuh 
  • Dan jari telunjuk untuk menekan casing belakang hp

5. Aktifkan Fitur Force GPU for 2D Drawing


Satu lagi yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang, layar sentuh error di hp android terkadang juga disebabkan lantaran sektor transisisinya yang buruk.

Oleh lantaran itu supaya elemen antarmuka akan jauh lebih ringan daripada sebelumnya, kita perlu mengaktifkan fitur Force GPU Rendering.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur Force GPU Rendering tersebut ?

Untuk mengaktifkannya, kau perlu masuk ke sajian Developer Options terlebih dahulu.

dengan cara :

  1. Masuk ke sajian pengaturan / setting
  2. Lalu cari About Phone
  3. Setelah itu ketuk Build Number hingga tujuh kali

Setelah itu kembali lagi masuk ke sajian Settings > Developer Options > klik Force GPU Rendering untuk mengkatifkan fitur tersebut.

baca juga : 5 Cara Mengatasi Layar HP Android Bergaris - Garis 

6. Cek Kondisi Touchscreen HP

Mengecek kondisi touchscreen hp bertujuan untuk memastikan apakah layar sentuh yang tidak sanggup disentuh tersebut disebabkan lantaran kerusakan komponen atau software perangkat itu sendiri.

Lalu bagaimana cara mengetahui lcd hp yang rusak tersebut ?

Pertama, kita sanggup lihat secara visual.

Apabila layar hp kau tidak merespon ketika disentuh, lihat apakah terdapat kerusakan menyerupai retak / pecah pada lcd ponselnya.

Jika memang layar lcd retak / pecah, pastikan juga apakah kerusakan ada pada layar atau hanya pada tempered glass yang digunakannya.

Kedua, gunakan pinjaman aplikasi.

Jika langkah pertama sudah kita pastikan namun layar hp android masih tidak merespon kalau disentuh, maka coba unduh aplikasi untuk mengecek layar sentuh hp menyerupai Aplikasi Multitouch Tester.

Video di bawah ini mungkin sanggup memberi acuan sebelum kau mengunduh Aplikasi Multitouch Tester tersebut.


7. Kalibrasi Layar Sentuh


Apabila sehabis kita menyidik kerusakan layar dengan langkah ke 6 namun touchscreen android masih tidak berfungsi, tidak ada salahnya kalau kau coba lakukan kalibrasi layar sentuh hp android yang kau miliki.

Biasanya di setiap HP touchscreen niscaya mempunyai pengaturan kalibrasi atau Calibiration.

Cara mengkalibrasi layar sentuh hp android sanggup kau ikuti pada langkah di bawah ini :

cara mengatasi layar hp yang tidak sanggup disentuh 11 Cara Praktis Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Disentuh

  1. Buka sajian pilihan kalibrasi tersebut.
  2. Lalu layar Anda akan mengalami blank putih, Nah jangan kaget gan lantaran memang harusnya menyerupai itu. tak berselang usang akn muncul goresan pena "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi".
  3. Klik sempurna di titik kalibrasi, disitu akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan silahkan kau ikuti petunjuk tersebut hingga proses selesai
  4. Setelah itu touchscreen kau akan normal kembali

8. Reset ke Pengaturan Awal 


Apabila semua cara diatas belum sanggup mengatasi kerusakan layar sentuh HP kamu, maka langkah terakhir yang perlu untuk kau coba yaitu dengan menggunakan cara mereset ulang android menyerupai dari pabrik.

Harapannya dengan melaksanakan Factory Reset tersebut, hp android sanggup kembali ke pengaturan awal menyerupai ketika kita membeli pertama kali.

9. Ganti Touchscreen HP


Namun apabila sehabis kau melaksanakan factory reset hp android tersebut masih saja layar hp tidak sanggup disentuh maka besar kemungkinan kalau penyebab kerusakan ada pada layar sentuh / touchscreen hp android itu sendiri.

Oleh lantaran itu solusi yang perlu kau lakukan yaitu dengan mengganti layar hp tersebut.

Jika kau belum pernah mengganti layar lcd hp android, sebaiknya bawa ponsel yang kau miliki ke service center terdekat.

Namun apabila kau ingin mencoba menggantinya sendiri, kau sanggup membeli layar lcd pada marketpalce (bukalapak / tokopedia) dengan harga sekitar 300 ribu - 500 ribu sesuai dengan tipe hp yang kau miliki tersebut.

baca juga : Tips Praktis Mengatasi Layar HP Blank Putih Tanpa Ganti LCD

10. Layar Sentuh Tidak Bisa Digerakkan Setelah HP Terjatuh 


cara mengatasi layar hp yang tidak sanggup disentuh 11 Cara Praktis Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Disentuh


Apabila kondisi ponsel android yang terjatuh dari suatu ketinggian dan mendadak layar sentuh tidak berfungsi maka hal pertama yang perlu untuk kita pastikan yaitu kondisi layar sentuh ponsel tersebut.

Pastikan LCD / touchscreen hp android tidak retak ataupun pecah lantaran kalau kondisinya menyerupai itu maka kemungkinan terbesar untuk mengatasi duduk perkara layar sentuh hp android tersebut kita harus mengganti layar sentuh perangkat android yang kita miliki.

Akan tetapi kalau kondisi layar sentuh belum mengalami kerusakan maka kita sanggup mengecek jalur layar sentuh hp android tersebut.

Bisa jadi tidak meresponnya layar sentuh terhadap sentuh tersebut terjadi lantaran socket konektor yang kendor akhir terjatuh.

Namun kalau kita tidak mantap untuk melakukannya maka membawa ke daerah service yaitu langkah yang tidak salah untuk kita lakukan.

11. Layar HP Tidak Bisa Disentuh Setelah Kena Air 


Seperti yang telah kami sampaikan pada ulasan di atas, untuk mengatasi hp android yang error sehabis kemasukan air sanggup kita atasi dengan pinjaman beras.

Kejadian menyerupai ini pernah saya alami sendiri, yaitu ketika HP Android sobat saya pinjam, secara tidak sengaja saya masukan ke air.

Meskipun didalam air tapi layar HP nya masih nyala, padahal bukan Android tahan air.

Nah sehabis itu eksklusif saya ambil dari kolam air kemudian saya matikan.

Lalu menurut inspirasi teman, saya diberi cara mengatasi hp layar sentuh kemasukan air dengan memasukannya ke wadah yang diberi beras.

cara mengatasi layar hp yang tidak sanggup disentuh 11 Cara Praktis Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Disentuh


Memang pertamanya saya tidak percaya namun sehabis saya praktikan sendiri ternyata berhasil dan HP-nya sanggup normal kembali meskipun beberapa menit saya tinggalkan berendam di dalam air.

Keimpulan

Itulah 11 cara yang pernah kami lakukan untuk mengatasi kerusakan pada lcd hp android sebelum pergi ke daerah service.

Sekarang langkah mana yang akan kau lakukan terlebih dahulu ?

Apakah memijat layar hp ? atau hanya dengan melepas baterai hp saja sudah sanggup memperbaiki hp yang tidak sanggup disentuh sama sekali.

Atau ada cara lain menyerupai memperbaiki touchscreen dengan korek dan telah berhasil kau coba lakukan ?

Komentar kau sangat kami dan para pengguna hp layar sentuh tunggu ya gaes ..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Cara Gampang Mengatasi Layar Hp Yang Tidak Dapat Disentuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel