-->

Menpora Pernah Berjanji Akan Memfasilitasi - Tapi Belum Ada Anggaran - Garuda Inaf Lolos Piala Dunia



Bahir merupakan salah satu punggawa yang berhasil membawa Tim Nasional Sepak bola Amputasi untuk pertama kalinya lolos ke Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Turki pada Oktober.

Pada Rabu (30/3), Bahir dan rekan-rekan satu timnya unjuk gigi dalam laga uji coba melawan tim dari komunitas non-disabilitas di Jakarta.

Di tengah lapangan hijau, Bahir tampak lincah menggocek, mengoper, dan menendang bola meski dengan satu kaki. Dia menggunakan dua tongkat sebagai penopangnya ketika berlari. Begitu pula dengan rekan-rekan setim lainnya.

Meski pertandingan sore itu berakhir dengan kekalahan, tim yang juga dikenal dengan nama Garuda Inaf ini berhasil menunjukkan keberanian dan daya juang mereka.

Menurut Bahir, ini pula yang menjadi modal utama mereka sampai akhirnya lolos ke Piala Dunia. Padahal tim yang mereka hadapi seperti Malaysia dan Jepang jauh lebih berpengalaman di ajang internasional. Mereka bisa tampil dengan percaya diri, mengalahkan rasa minder setelah selama ini kerap diremehkan dan diabaikan.



Bagi Bahir pribadi, semangatnya terus membara tiap kali mengingat nasehat pelatih pertamanya di Jember yang meneguhkan bahwa dia setara dengan para punggawa Timnas Indonesia.

"Waktu itu coach bilang, 'Kamu tahu Asnawi Mangkualam?', 'Iya coach'. 'Sampean tahu Evan Dimas?' Saya jawab, 'Iya tahu'.

"Coach bilang, 'Levelmu itu sama dengan dia, karena kamu sudah lolos ke Timnas dan ini menuju ke kualifikasi, itu sama-sama bela negara, itu kelasnya sama'," kenang Bahir.

"'Walaupun kamu amputasi, tapi yakinlah bahwa garudamu itu tetap dua sayap, bukan satu sayap.' Waktu (dengar) itu saya nangis," katanya.

Sayangnya sampai saat ini, tim Garuda Inaf belum mendapat dana dan fasilitas layaknya sebuah tim nasional.

Prestasi itu mereka raih di tengah minimnya dukungan pemerintah terhadap sepak bola amputasi di Indonesia.

Pernyatan itu di perkuat dai Sekertaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Joni Mardizal mengatakan belum ada anggaran khusus yang di siapkan untuk tim Garuda Inaf sampai saat ini, mesiki Menpora Zainudin Amali pernah berjanji akan memfasilitasi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menpora Pernah Berjanji Akan Memfasilitasi - Tapi Belum Ada Anggaran - Garuda Inaf Lolos Piala Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel