-->

9 Cara Mudah Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Kecil.

Cara mengetahui minat dan bakat anak - Setiap orang tua pasti bangga jika anaknya punya bakat dalam dirinya. Namun, terkadang tidak semua anak menyadari atau mengetahui bakat dalam dirinya.

Apa itu Minat dan Bakat?



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  Bakat adalah dasar (Kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir. Sedangkan Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu.

Jadi Bakat merupakan potensi yang ada dalam diri sejak lahir. Sementara Minat adalah kecenderungan atau keinginan terhadap sesuatu yang disukai. 

Bagaimana Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak?

Ada banyak cara mengetahui minat dan bakat anak sedari kecil. Orang tua bisa mengikuti tes minat dan bakat anak melalui berbagai teknik pengujian yang ditawarkan secara komersial.

Sebagai orang tua, penting untuk membantu menemukan minat dan bakat anak agar semakin bisa ditingkatkan. Karena, bila bakat tidak diasah bukan tidak mungkin bakat tersebut akan terkubur.

Cara apa saja untuk memastikan minat dan bakat anak? 

1. Mengamati Kebiasaan dan Kegemaran Anak.

Mengamati kegemaran anak terhadap suatu hal dan kebiasaannya sehari-hari. Orang tua bisa melihat dan mengetahui bakat anak dari minat atau kegemaran yang ditunjukan anak.

Setelah mengetahui bakat si kecil, orang tua bisa mengarahkan si buah hati untuk mendalami bakatnya dan mencari sarana yang tepat untuk mengasah atau melatih kemampuan si kecil agar semakin terasah oleh orang atau pelatih yang tepat.

2. Mengenalkan Anak dengan Berbagai Bidang.

Mengenalkan anak dengan berbagai bidang seperti kesenian, olahraga, sains, sosial dan lain sebagainya sehingga membuat pikiran anak menjadi terbuka dan menambah pengetahuan anak pada sesuatu disekitarnya

Semakin banyak hal yang diketahui oleh anak maka semakin memudahkan orang tua menilai anak terlihat menikmati atau senang pada bakat yang ia minati. 

3. Membiarkan Anak Mengeksplor Kemampuannya.

Membiarkan anak mengeksplor kemampuannya dengan cara mencoba berbagai macam hal yang baru dan berbeda. Ketika anak mulai mencoba sesuatu yang baru itu adalah cara untuk menemukan bakatnya yang terpendam.

Orang tua hanya harus mendukung, memotivasi dan mengarahkan anak dengan baik. 

4. Mengikutkan Anak dengan Berbagai Kompetisi.

Dengan mengikuti berbagai kompetisi atau lomba orang tua dapat melihat minat dan bakat anak.

Jangan lupa untuk selalu meminta persetujuan si kecil saat hendak mendaftarkan lomba dan ada baiknya orang tua memberikan pemahaman pada anak bahwa setiap perlombaan yang diikuti pada dasarnya untuk membantu anak meningkatkan kemampuan.

5. Membebaskan Anak Membuat Pilihan.

Jangan memaksakan keinginan orang tua pada anak. Seringkali orang tua ingin anaknya menjadi seperti yang kita inginkan, bukan yang anak inginkan.

Jika anak mempunyai minat yang sama seperti orang tuanya mungkin tak masalah. Tetapi sebagai orang tua jangan memaksakan keinginannya saja.

6. Membangun Komunikasi Positif.

Memiliki komunikasi yang baik antara orang tua dan anak dapat membangun komunikasi yang positif.

Komunikasi yang positif seperti menggunakan kalimat yang positif bukan yang negatif. Dengan menjalin komunikasi yang positif orang tua bisa mendukung berbagai kegiatan si kecil atau menanyakan cita-cita dan target yang ingin diraih si kecil.

Dari komunikasi positif orang tua bisa mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengarahkan dan mendorong atau mendukung minat dan bakat anak.

7. Berikan Waktu untuk Bersosialisasi.

Ketika berkumpul bersama teman-temannya. Si kecil akan saling menunjukkan kebolehannya maupun bercerita atau melakukan aktivitas yang disukai. Dengan memperhatikan anak saat bersosialisasi dengan temannya orang tua dapat mengetahui minat dan bakat anak.

8. Tes Minat dan Bakat.

Menguji minat dan bakat anak tetap diperlukan. Biasanya anak akan menunjukan minat dan kegemarannya sejak umur 3 tahun. Dan keterampilan ini akan semakin terlihat di umur 6 tahun.

Ada berbagai macam tes yang bisa orang tua pilih seperti tes IQ dan tes bakat. Tes ini bertujuan untuk memastikan minat dan bakat anak supaya orang tua tidak salah menduganya.

9. Mendukung dan Memotivasi.

Setelah mengetahui minat dan bakat anak orang tua hanya harus mendukung, memotivasi dan mengarahkan si kecil untuk mengembangkan kemampuannya.

Nah, itulah 9 cara mengetahui minat dan bakat anak sejak kecil yang bisa orang tua coba. Jangan membatasi kegiatan positif si kecil. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Cara Mudah Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Kecil."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel