-->

Manfaat Dibalik Kopi

Apakah anda penikmat kopi sejati? Banyak orang beropini bahwa kopi jelek bagi kesehatan, tapi tahukah anda bahwa sesungguhnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Kopi sesungguhnya mempunyai memiliki manfaat yang sangat besar kalau dikonsumsi secara bijak dan tidak berlebihan. Berikut diantara manfaat kopi yang dikutip dari Majalahkesehatan.com


1. Mengurangi Resiko Diabetes
Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menawarkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya yaitu asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat perembesan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur perembesan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat perembesan glukosa.

2. Mengurangi Resiko Kanker
Riset secara konsisten menawarkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Mencegah Terhadap Sirosis
Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis alasannya yaitu kecanduan alkohol. Sirosis yaitu suatu kondisi di mana jaringan hati yang normal digantikan oleh jaringan parut (fibrosis) yang terbentuk melalui proses bertahap. Jaringan parut ini memengaruhi struktur normal dan regenerasi sel-sel hati. Sel-sel hati menjadi rusak dan mati sehingga hati secara sedikit demi sedikit kehilangan fungsinya.

4. Menurunkan Resiko Terserang Penyakit Parkinson
Para peminum kopi mempunyai risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.

5. Mengurangi Resiko Penyakit jantung dan stroke
Kopi sanggup mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 perempuan berusia lebih dari 24 tahun menawarkan mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari mempunyai risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah laki-laki di Finlandia menawarkan hasil yang sama.

6. Fungsi kognitif
Studi atas 4.197 perempuan dan 2.820 laki-laki di Perancis menawarkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari sanggup menghambat penurunan fungsi kognitif otak akhir penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin alasannya yaitu perempuan lebih peka terhadap kafein.

Tunggu apa lagi.....?
Ayo ngopi ......

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Dibalik Kopi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel