Sejarah Berdirinya Facebook


















Siapa yang tidak tahu Facebook?
Dengan 31.784.080 orang sebagai user, Indonesia merupakan negara dengan pengguna Facebook terbesar kedua sehabis Amerika Serikat (146.805.00 user). Tapi apa semua orang tahu sejarah dibalik terciptanya Facebook? Bagi anda yang belum tahu berikut aku paparkan sejarah singkat berdirinya Facebook dikutip dari Vivanews.

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Hebohnya, dalam waktu dua ahad sehabis diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan mempunyai account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun kesannya meminta proteksi dua temannya untuk membantu berbagi Facebook dan memenuhi undangan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan sejak diluncurkan, Facebook telah mempunyai 30 kampus dalam jaringannya.

Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya tetapkan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa ahad di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker yang merupakan cofounder (Asisten Pendiri) Napster (Jaringan jasa penyedia musik online), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun oke pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama berbagi Facebook. Tidak usang sehabis itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.

Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan ajuan kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak ajuan tersebut alasannya yaitu tak usang sehabis itu Facebook mendapatkan sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan sejak itu sokongan dana dari aneka macam investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu lalu Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan kesannya pada September 2006 Facebook membuka registrasi untuk siapa saja yang mempunyai alamat e-mail.

Selain menolak ajuan dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak ajuan dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan ajuan dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang bisa menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account gres perharinya Lebih dari 25 juta user aktif memakai Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melaksanakan aneka macam aktifitas di Facebook.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Berdirinya Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel