Cara Budidaya Maggot Lalat BSF Ramah Lingkungan Untuk Pakan Ternak

Cari-cara.com - Kali ini saya akan membagikan info menarik tentang Tips Mendatangkan Lalat & Maggot BSF dengan menggunakan bahan Dedek, Yakult dan Royco tanpa menghasilkan bau menyengat. atau Cara budidaya Maggot BSF bagi pemula dan ramah lingkungan.


Sebelum masuk kedalam materi kita hrus lebih tau dulu apa itu Lalat BSF dan fungsinya.
Lalat BSF (Black Solder Fly) atau bisa di sebut Lalat Tentara Hitam ini lain dari lalat yang biasa kita temui, kalo lalat yang biasa kita temui identik dengan sebuah hal hal yang jorok. Tetapi Lalat BSF mempunyai banyak manfaat bagi  manusia khususnya untuk membudidayakan Ternak kita. Bukan lalatnya yah, tapi Maggot Lalat.

Maggot Lalat BSF adalah fase menetasnya telur dari ukuran kecil hingga besar dan berwarna hitam, kenapa maggot BSF mempunyai banyak manfaat bagi manusia karena maggot ini dari kecil mengkonsumsi hal hal yang bersifat organik. Jadi hal ini yang membuat Lava atau Maggot Lalat BSF mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Selain itu maggot lalat BSF mempunyai banyak nutrisi yang baik, kandungan protein dan asam amino yang lengkap, hal ini  membuat para peternak memilih memberi pakan hewan ternaknya Maggot BSF karena mempunyai banyak manfaatnya.

Mari kita simak siklus hidup Lalat BSF ini




Hewan ternak yang cocok untuk di beri makan Maggot BSF 


  • Segala jenis Unggas dan Ikan
  • Burung Kicau
  • dan berbagai jenis reptil
Itu hanya sebagan ternak saja bahkan jika kalian pahami Maggot Lalat BSF juga bisa menyuburkan sawah atau tanah loh.

Dan disini  kita akan belajar cara mendapatkan Maggot BSF atau cara memancinng Lalat BSF dan budidayanya. Mari kita simak tutorial berikut.

Siapkan bahan bahan yang kita fermentasikan terlebih dahulu, kenapa bahan bahan fermentasi ?
karena kita ketahui lalat bsf sangat beda dengan lalat hijau atau lalat yang hinggap pada  sampah, bangkai atau hal yang kotor lainnya. Lalat BSF akan mendekat jika ada bahan bahan yang sedang di fermentasi. Atau jika kalian pahami saat kalian melakukan campuran pakan ayam atau ternak pasti ada salah satu Lalat BSF yang mendekat. tentunya ini adalah cara mengundang lalat bsf dengan fermentasi.

Bahan yang di butuhkab :


  1. Gunakan Dedak Padi 5 Kg
  2. Siapkan air 1 liter
  3. Gula Pasir 5 sendok makan
  4. Gunakan EM 4 atau Yakult 1 buah atau 1/2
  5. 1set Royco

Cara Pembuatan



  • Campurkan terlebih dahulu EM4 atau Yakult (pilih salah satu) dengan air sebanyak 1 liter
  • aduk hingga merata
  • Masukan Royco ke dalam dedak 5kg. Fungsinya untuk memancing atau membuat aroma fermentasi lebih menyengat sehingga lalat BSF cepat mendeteksi bau tersebut
  • Campurkan air yang sudah di campurkan ke dalam dedak yang sudah di campur royco
  • Kemudian aduk lagu, ketika sudah di aduk maka  di usahakan dedak tersebut tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering, silahkan sesuaikan
  • Siapkan kantong plastik berukuran 5 kg atau 8kg
  • Masukan dedak yang sudah d campurkan kedalam plastik, tapi hanya setengahnya saja, kenapa setengah karena nantinya dedak tersebut akan menguap dan kita perlu tempat untuk hal itu.
  • Plastik di ikat ujungnya dengan rapat
  • Biarkan Hingga 4 atau 5 hari , dalam kondisi plastik menggelmbung karena fermentasi 
  • Tuangkan ke wadah,  tanda fermentasi berhasil keluarnya bau menyengat seperti bau roti atau bau tape



  • Setelah di tuangkan tutup rata menggunakan daun pisang  atau bungkus makanan (kertas minyak) tetapi bagian yang halus di bawah menutupi dedak.
  • Setelah di tutup rata taruh di tempat fermentasi di tempat yang tidak bisa di jangkau oleh hewan ternak atau yang lainnya.
  • Aroma yang keluar ini akan membuat lalat BSF datang, dan lalat bsf akan bertelur di media yang sudah di sediakan.
  • Jika sudah bertelur dan menetas di hari pertama maka tidak akan terlihat apapa

  • Selang waktu 1 minggu anda sudah bisa melihat lava atau ulat atau maggot bsf tersebut.
  • Kalian tidak terlalu kawatir maggot bsf ini sangat bersih, di 1 minggu ini silahkan kalian bisa memanen maggot bsf tersebut, tanpa membuang fermentasi.
  • Masuk usia 2 hingga 3 minggu maggot ini semakin besar silahkan jika ingin memngambil maggot bsf ambil saja.
  • Jika dedak fermentasi berwarna agak hitam itu tandanya makanan maggot tersebut telah habis, maka kalian harus menaburkan dedak yang telah di fermantasi secukupnya saja.
  • Kalian bisa menaburkan dedak dengan waktu 1 minggu sekali


Kalian harus tahu maggot ini sangat bersih karena kita menggunakan media yang bersih yaitu dari dedak jadi kalian jangan kawatir atau geli jijik.

Kalo anda geli atau jijik terhadap maggot kalian tidak perlu repot repot budidaya maggot ini. Maggot maggot ini tentunya akan selalu tersedia jika kalian rutin menaburi wadahnya dengan fermentasi dedak.

Dan tenang saja lalat selain lalat BSF tidak akan ada yang bertelur di tempat ini karena lalat BSF mempunyai bau tersendiri yang membuat lalat lain tidak suka, jika kalian menemukan lalat lain mungkin hanya numpang lewat saja.


Ya itu sudah selesai itu cara membuat tentang Tips mendatangkan Lalat dan Maggot BSF dengan menggunakan bahan yang bersih tanpa mengeluarkan bau busuk.

Jika pembaca masih kurang paham atas penjelasan tentang Cara pembuatan atau Budidaya maggot BSF bagi pemula silahkan tulis di komentar yah. semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan berhasil bagi yang melakukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Maggot Lalat BSF Ramah Lingkungan Untuk Pakan Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel