Cara Mempercepat Booting Windows 10 (Terbukti Ampuh)

Tidak sedikit orang yang dibuat kesal karena terlalu lama menunggu laptop booting, masalah seperti ini tentunya memakan waktu dan menghambat Anda untuk mengerjakan sesuatu yang membutuhkan laptop, terkadang booting bisa sampai 10 menit lho! cukup lama bukan?

Tetapi jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips jitu untuk mempercepat booting windows 10, tips ini juga mungkin bisa dicoba bagi Anda yang masih menggunakan windows versi lama, jadi artikel ini dikhususkan hanya untuk pengguna windows 10 saja.

Walaupun Windows 10 masih tergolong baru, tetapi kasus seperti ini justru sering terjadi pada pengguna Windows 10, padahal seharusnya versi terbaru lebih baik dari versi dibawahnya, mungkin ini adalah salah satu kelemahan dari Windows 10.

Masalah ini terjadi bukanlah tanpa alasan, Windows 10 memiliki banyak fitur dan menu, tentunya akan banyak memakan ruang penyimpanan dan RAM yang menyebabkan kinerja dan booting menjadi lebih lambat, ikuti langkah dibawah ini untuk mengatasi masalah itu:

Cara Mempercepat Booting Windows 10



Secara singkat, Booting adalah persiapan sebuah sistem atau membaca seluruh hardware sampai kondisi komputer siap untuk digunakan. Sebenarnya windows 10 sudah menyediakan sebuah pengaturan untuk mempercepat proses booting, untuk lebih jelasnya yuk simak tips dibawah ini:

1. Nonaktifkan Efek Visual Windows 10


Hampir pada setiap laptop atau komputer dengan sistem operasi terbaru sudah dilengkapi dengan banyak efek visual dengan tujuan adalah memperindah tampilan dan memberikan efek animasi yang menarik.

Walaupun bisa memperintah tampilan laptop/ komputer, ternyata efek visual ini cukup memakan daya baterai dan ruang penyimpanan khususnya RAM yang menyebabkan proses booting menjadi lama, kinerja menjadi lambat dan sering patah-patah.

Visual efek pada Windows 10 bisa Anda custom sesuka hati, bahkan bisa dinonatkfikan lho! namun Anda tidak akan melihat efek transisi setelah menonaktifkan fitur tersebut, berikut caranya:


  • Pertama, tekan Windows + R lalu ketik SystemPropertiesAdvanced kemudian Enter.
  • Pilih opsi menu Advance, lalu klik "Settings" pada bagian performance.
  • Klik Custom untuk menonaktifkan atau mengurangi efek visualnya.
  • Terakhir klik "OK" untuk menyimpan perubahan, jangan lupa untuk restart laptop setelah mengubah pengaturan ini.


Ini adalah salah satu tips paling ampuh dan terasa efeknya pada kinerja laptop menjadi lebih cepat dan tidak patah-patah (lag) dan yang paling penting adalah proses booting menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Aktifkan Turn On Fast Startup


Windows 10 sendiri sebenarnya sudah menyediakan sebuah fitur yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan booting, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkannya, menurut kami ini sangat penting untuk mengurangi waktu booting pada windows 10, berikut tutorialnya:


  • Pertama, klik kanan pada icon baterai, lalu klik "Power Options" 
  • Kemudian klik tulisan "Chooses what the power buttons do"
  • Terakhir, centang mode "Turn On Fast Startup"

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda akan merasakan perbedaan kecepatan saat windows 10 booting, baik ketika dinyalakan dan ketika dimatikan (shutdown)

3. Bersihkan Recyle Bin


Pada windows, ketika kita menghapus sebuah file sebenarnya belum benar-benar hilang permenan, tetapi file tersebut masih tersimpan dan bisa dibuka tetapi bukan pada file manager, melainkan pada Recyle Bin.

Kami menyarankan Anda untuk rutin menghapus Recyle Bin, karena kemungkinan besar sudah banyak file sampah yang masih tersimpan didalamnya, hal ini menjadi penyebab kinerja dan booting laptop Windows 10 menjadi lama.

 4. Bersihkan Temporary File


Tips terakhir yang belum banyak diketahui orang adalah dengan membersihkan Temporary file (sampah), dengan rutin menghapusnya Anda sudah dapat menghemat penyimpanan partisi dan menambah kecepatan booting windows 10.

Berikut ini cara menghapus Temporary file di windows 10:


  • Pertama, tekan Windows + I lalu pilih menu System > Storage.
  • Biasanya Temporary file bersarang di partisi (C:), kemudian klik Temporary file > Centang Temporary file >Remove file.
  • Selamat, Anda sudah berhasil mengemat penyimpanan dan meningkatkan kinerja windows 10!


Demikianlah artikel dengan judul cara mempercepat booting windows 10, semoga Anda merasa puas dengan tips yang sudah kami bagikan diatas, sekarang Windows 10 sudah siap booting dengan cepat! 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mempercepat Booting Windows 10 (Terbukti Ampuh)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel