-->

4 Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat

Sekarang ini hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan penyimpanan internal yang beravariasi tergantung spesifikasinya, mulai dari 4GB sampai dengan 250 GB pun sudah bisa Anda temukan, penyimpanan tersebut hanya termasuk internal saja dan masih bisa ditambah dengan penyimpanan eksternal, seperti SD Card.

Walaupun sekarang sudah banyak smartphone yang menyediakan penyimpanan internal yang cukup luas, tetapi tetap saja selalu kurang, karena file yang disimpan akan semakin bertambah dan memiliki ukuran yang berbeda beda, mulai dari megabyte (MB) sampai dengan giga byte (GB) yang akan mengurangi kapasistas penyimpanan.

Masalah itu bisa diatasi dengan menggunakan SD Card sebagai penyimpanan tambahan, namun tidak sedikit orang yang menemukan masalah ketika menggunakan external storage tersebut, yaitu SD Card tidak bisa diformat, lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi SD Card tidak bisa diformat? berikut ulasan lengkapnya:

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat


SD Card Tidak Bisa Format

Banyak alasan kenapa orang memilih untuk memformat SD Cardnya, mulai dari penyimpanan yang sudah terlalu penuh sampai terdapat virus didalamnya yang mengharuskan Anda untuk memformat SD Card tersebut, Anda bisa membaca artikel dibawah ini untuk mengatasi masalah pada SD Card yang tidak bisa dihapus.

1. Restart Smartphone


Jika Anda melakukan format melalui smartphone, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan merestart perangkat tersebut, alasannya tidak jarang terjadi malfungsi sistem pada sebuah smartphone yang menyebabkan beberapa fungsi tidak berjalan optimal, termasuk saat ingin melakukan format data.

Sebelum mencoba metode lain, tidak ada salahnya untuk menyalakan ulang smartphone tersebut lalu mencoba untuk menghapus SD Card kembali, jika masih belum bisa, Anda bisa mencoba metode lainnya seperti:

2. Format Melalui PC


cara mengatasi sd card tidak bisa diformat

Yaps betul! Biasanya dengan menggunakan PC atau Laptop masalah SD Card yang susah diformat akan teratasi, hal ini karena perangkat PC / Laptop memiliki sistem yang lebih canggih lagi, jadi jika tidak bisa lewat smartphone, Anda bisa mencoba menghapusnya melalui PC.

Lalu bagaimana agar SD Card bisa terbaca di PC atau Laptop? caranya mudah, Anda hanya harus menyiapkan sebuah Card Reader yang bisa dibeli dengan harga murah, lalu masukan SD Card tersebut pada Card Reader, dan terakhir hubungkan Card Reader ke PC melalui port USB yang ada.

3. Menggunakan Aplikasi Formatter SD Card


Metode terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang benama Formatter SD Card, singkatnya aplikasi ini memiliki fungsi untuk menghapus semua file yang tersimpan pada SD Card sampai benar-benar tidak ada satupun file yang tersisa.

Aplikasi ini bisa Anda coba sebagai solusi SD Card yang tidak bisa diformat. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di play store.

4. Unplug SD Card


Maksud Unplug disini adalah melepas dan memasang kembali SD Card, karena kemungkinan masalah SD card yang susah diformat disebabkan karena kurang terpasang dengan benar, bisa tergeser ketika smartphone jatuh atau hal lainnya.

Anda bisa melepas SD Card, membersihkan kuningannya dengan menggunakan penghapus lalu memasangnya dengan benar. Setelah melakukan cara ini, sekarang coba untuk memformat kembali SD Cardnya!

Penyebab SD Card Tidak Bisa Diformat


Kita bisa menarik kesimpulan dari metode diatas, jadi penyebab kenapa SD Card tidak bisa diformat adalah sebagai berikut:


  • Malfungsi pada Smartphone
  • Terdapat Virus Pada SD Card
  • SD Card Kotor atau Kendur


Nah, demikian artikel singkat mengenai cara mengatasi SD Card tidak bisa diformat, Anda bisa mencoba metode-metode diatas yang sudah kami jelaskan, jika ada yang kurang dimengerti silakan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar, terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel