-->

Cara Mengatasi USB Not Recognized di Windows 10

Masalah yang sering kali ditemukan pada windows 10 adalah selalu ada peringatan " USB not recognized " khususnya ketika sedang menghubungkan smartphone ke laptop dengan menggunakan kabel data, masalah ini juga sering kali terjadi ketika flashdisk dimasukan di port usb yang akhirnya menyebabkan smartphone atau flashdisk tidak terbaca.

Seperti yang diketahui, hampir semua laptop atau PC sudah menyediakan port USB yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat lain, flashdisk untuk memindahkan data, menyalin data dan memodifikasinya, untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi USB not recognized di windows 10, silakan simak artikel ini sampai selesai:

Penyebab USB Not Recognized di Windows 10


Ada beberapa penyebab kenapa masalah itu bisa terjadi, setelah Anda mengetahui penyebabnya maka akan dengan mudah mengatasi peringatan tersebut, apa saja penyebabnya?

1. Kabel Data Rusak


Jika peringatan ini muncul ketika Anda sedang menghubungkan smartphone ke windows 10 menggunakan kabel USB atau kabel data, maka bisa dicurigai masalahnya ada pada kabel yang digunakan.

Sudah banyak jenis kabel data dengan variasi harga dan kualitas yang berbeda, mungkin bisa jadi kabel yang Anda gunakan sudah rusak atau ada kabel yang berfungsi sebagai penghubung data putus sebagian yang menyebabkan perangkat tidak bisa terhubung dengan baik.

Perlu diketahui, didalam kabel USB biasanya terdiri dari lima kabel yang memiliki fungsi berbeda, jika salah satu ada yang putus maka akan ada fungsi yang hilang, mulai dari tidak bisa berfungsi saat sedang charger HP, atau sebaliknya, yaitu tidak berfungsi ketika digunakan untuk menghubungkan HP ke laptop.

Jadi yang pertama Anda harus memastikan bahwa kondisi kabel data yang digunakan masih dalam keadaan baik.

2. Port USB Kotor


Selain itu, penyebab lainnya adalah karena Port USB kotor, Anda bisa melihat langsung dengan menggunakan senter, jika memang kotor segera bersihkan menggunakan sikat gigi yang sudah diolesi cairan tenner secukupnya agar kotoran dan karat hilang.

3. Masalah Device Driver


Sertiap perangkat laptop atau PC pada umumnya sudah terinstal driver secara default, singkatnya driver memiliki fungsi sebagai pengendali hardware atau perangkat keras pada komputer, jadi tanpa sebuah driver hardware baru tidak akan dikenali (not recognized).

Pastikan driver pada laptop Anda sudah terpasang dengan benar dan pastikan versi terbaru, jika masih menggunakan versi lama maka kami sarankan untuk memperbaruinya. caranya cukup mudah, bisa langsung melalui device manager atau manual dengan mengunduh driver dari sumber lain.

Cara Mengatasi USB Not Recognized di Windows 10


Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang yang harus Anda lakukan adalah memperbaikinya, berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan:

1. Restart Perangkat


Perangkat yang kami maksud disini bukanlah hanya laptop saja, melainkan smartphone yang ingin dihubungkan ke laptopnya juga, yang pertama Anda bisa mencoba menyalakan ulang laptop, namun sebelumnya jangan lupa untuk menutup terlebih dahulu program yang masih berjalan.

Jika masih belum berhasil, silakan mencoba untuk restart smartphonenya, karena tidak mustahil terjadi malfungsi sistem pada smartphone yang menyebabkan perangkat tidak dikenali ketika dikoneksikan ke laptop.

2. Pakai Kabel USB Lain


Seperti penyebab yang pertama yaitu ada pada masalah kabel USB, solusinya Anda bisa mencoba menggunakan kabel USB lain yang masih berfungsi dengan baik, hal ini berlaku jika Anda ingin menghubungkan smartphone menggunakan kabel data.

Selain itu juga, coba cabut dan pasang kembali kabel USB yang terhubung ke laptop, biasanya hanya dengan melakukan ini masalah USB not recognized akan teratasi.

3. Install Device Driver Terbaru


Jika Anda masih menggunakan driver versi lama, kemungkinan besar sistem tidak akan bekerja optimal sehingga sering kali gagal ketika mencoba menghubungkan smartphone atau flashdsik ke windows 10, berikut ini cara memperbarui device driver di windows 10:


  • Pertama,klik Start, pada kolom pencarian ketik " Device Manager "
  • Ketika sudah masuk Device Manager, klik Universal Bus > Unknow Device.
  • Langkah terakhir, Anda bisa langsung memilih opsi " Update Driver " seperti gambar dibawah ini:


mengatasi usb not recognized


  • Setelah klik Update, kemudian klik tulisan Search automatically for updated Driver software, seperti pada gambar dibawah ini:


mengatasi usb not recognized


  • Maka secara otomatis driver akan diperbarui, namun jika ternyata sudah terinstal versi terbaru, maka akan ada peringatan dengan tulisan The best drivers for your device are already installed.


mengatasi usb not recognized

4. Gunakan Port USB Lain


Sekarang hampir setiap laptop dilengkapi dengan multi port USB, apalagi pada windows 10 yang bisanya sudah dilengkapi dengan dua port USB berbeda. Jika peringatan USB not recognized masih muncul, Anda bisa mencoba pindah ke Port USB yang satunya, bisa jadi ada kerusakan pada salah satu Port USB.

Cukup sekian artikel singkat dengan judul solusi USB not recognized di Windows 10, dengan mengetahui penyebabnya Anda akan dengan mudah mengatasi masalah seperti itu, tutorial ini dikhususkan bagi pengguna Windows 10 tetapi bisa juga dipraktekan pada versi Windows dibawahnya, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi USB Not Recognized di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel