-->

Cara Mudah Memperpendek Link Google Form atau Google Drive

Cara memperpendek link google form atau google drive

Memperpendek Link Google Form atau Google Drive - Layanan Google Form sekarang sering sekali digunakan untuk berbagai macam kepentingan, seperti membuat kuisoner, membuat soal, membuat formulir pendaftaran sekolah online dan masih banyak lagi.

Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan online yang di berikan gratis oleh Google untuk pengguna akun Gmail yang berfungsi untuk menyimpan atau berbagi file ke orang lain secara online atau terkoneksi dengan internet.

Ketika anda ingin meng share file baik menggunakan Google File ataupun Google Drive pasti anda akan mencopykan atau meng share link yang sudah terseda, dan link yang di berikan biasanya sangat panjang, sehingga tidak mungkin kita meng ketikan ulang ataupun di ingat.

Contoh Link pada Google Form dan Google Drive

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfUS8t9rvxYCU-yHKQvNnSmUQSJn0-jezw_yge5x6uhZR3CIg/viewform?usp=sf_link dan https://drive.google.com/open?id=1Sn9AAzq_IIFl0yaGgJHP3bxNw_7o9jQA

Terlalu panjang bukan, dan mungkin akan susah jika di tulis ulang. Maka dari itu hadirlah yang namanya Shorten URL atau layanan  yang digunakan untuk memperpendek sebuah link URL.

Jadi disini kami akan bahas tentang bagaiman cara memperpendek sebuah link dari Google Form atau Google Drive ? Karena ini berisi tutorial maka anda harus simak dengan baik  !

Cara Memperpendek Link Google Form atau Google Drive

Disini saya menggunakan bitly, kenapa admin menggunakan ini karena bitly itu sebuah shorten url yang gratis dan paling populer saat ini.


  1. Silahkan masuk atau Daftar jika belum mempunyai akun di https://bitly.com/
  2. Jika sudah lalu klik Create
Memperpendek URL

3. Maka akan ada tampilan seperti di bawah, copy terlebih dahulu link Google Form atau Google Drive mu, lalu paste kan di tempat yang sudah di sediakan

Copy link ke tempat yang sudah di sediakan
4. Link akan berubah bit.ly/ssa34df, lebih pendek bukan, tapi dengan bit.ly ini anda juga meng edit link yang akan kamu gunakan sesuka hati, asal link itu belum terpakai masih bisa anda gunakan loh.
5. Jika sudah tentukan Tiitle atau Judul dari Link Tersebut.
6. Maka akan muncul link yang sudah di perpendek seperti gambar di bawah ini


Perpendek link dengan bitly
7. Perlu di ingat jika anda memasukan link atau menulis link kebali, besar kecil huruf sangat berpengaruh dan harus sesuai.
8. Save, link siap di edarkan.

Keunggulan dari bitly bukan cuma memperpendek link saja sih tapi anda juga bisa meng custume link sesuai yang anda inginkan loh, bagaimana caranya mari kita bahas di bawah ini.

Cara Merubah Link di Bitly Dengan Mudah

1. Cara merubah atau meng kustom link di bitly terbilang sangat mudah, dan anda wajib untuk mencobanya.
2. Adanya custom link ini bisa anda gunakan untuk menyederahanakn link yang mudah di ingat.
Edit link yang sudah di perpendek
3. Klik pada bagian di atas, silahkan custom dengan nama yang sesuai, yang tadinya bit.ly/2x5aRDp  saya ubah menjadi bit.ly/ppdbsumpiuh.
4. Jika sudah klik Save untuk menyimpannya.
5. Selesai

Bagaimana cara memperpendek link google form atau google drive menjadi lebih pendek mudah bukan, cara di atas sudah saya coba dan jadi. Cara di atas juga sangat simpel dan terbilang sangat mudah.

Jika anda sering mencari situs website yang digunakan untuk belajar jarak jauh atau pembelajaran online, admin rekomendasikan 5 Rekomendasi Situs Website Untuk Pembelajaran Online

Kesimpulan :

Untuk mengubah link yang panjang seperti dari Google Form atau Google Drive di perlukan yang namanya perpendek link atau shortener link, jadi yang tadinya panjang kira-kira 29 huruf bisa anda kecikan menjadi 5 huruf saja. 

Dengan bantual bitly memperpendek link url jadi lebih mudah dan lebih friendly karena shorten url ini gratis dan tidak banyak iklan yang muncul jika di gunakan. Saya juga menggunkan link ini untuk keperluan PPDB Online atau kegiatan sekolah lainnya, jadi ini sangat bermanfaat.

Share artikel ini jika bermanfaat, terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Memperpendek Link Google Form atau Google Drive"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel