-->

Cara Scan Dokumen di Laptop atau PC dengan Printer

Sekarang ini, sudah banyak alat yang bisa digunakan untuk scan dokumen dan foto dengan menggunakan laptop atau pc, salah satu merk scanner terbaik dan banyak digunakan adalah Epson, kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai cara scan dokumen laptop dan komputer menggunakan scanner atau printer.

Pada umumnya, printer digunakan untuk mencetak dokumen atau foto, bukan untuk memindai, tetapi ada beberapa printer yang sudah menyematkan fitur pindai, scan, copy dan faks sekaligus, tentunya ini sangat praktis ketika Anda ingin print, scan dan copy dokumen tanpa ribet.

Tidak sulit menemukan printer yang sudah mendukung fitur scan, namun tentu saja harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan printer biasa. Selain itu, Anda sudah bisa scan dokumen dengan laptop melalui Wi-Fi, dengan kata lain adalah tanpa harus menggunakan kabel.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tutorial mengenai cara scan dengan laptop yang bisa Anda lakukan dengan mudah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mencoba tutorial ini, untuk lebih jelasnya, silakan simak langkah-langkah berikut:

Cara Scan Dokumen di Laptop dan PC


cara scan di laptop

Sebenarnya, Anda bisa menghubungkan printer dengan laptop tanpa harus menggunakan kabel, yaitu memanfaatkan teknologi Wi-Fi, namun jika Anda belum setting fitur koneksi wireless atau Wi-Fi, untuk sementara bisa menghubungkan printer dengan laptop menggunakan kabel USB.

Setelah itu, jangan lupa siapkan sample untuk mencoba memulai scanning, nyalakan laptop dan printer, lalu buka penutup scanner pada printer, dan letakan dokumen yang ingin Anda scan dengan menghadap kebawah, pastikan posisinya rapih.

cara scan di komputer

Kemudian tutup penutup scanner, lalu jalankan program Windows Fax and Scan di PC atau laptop Anda, buka program tersebut.

cara scan di laptop

Selanjutnya, klik menu New Scan yang berada dipojok kiri atas, setelah itu akan tampil popup atau jendela pengaturan scanner.

cara scan dokumen di laptop

Biarkan pengaturan Profile dan Source secara default, sedangkan untuk format bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, untuk File Type pilih saja JPG dan resolusi 300.

Sebelum memulai scan, Anda bisa melihat pratinjau terlebih dahulu dengan klik opsi Preview.

Jika dirasa sudah cukup, Anda bisa langsung scan dokumen, namun sebelum itu jangan lupa untuk menghilangkan centang dengan tulisan Preview or Scan Image as Separate Files. Lalu klik Scan untuk memulai scan.

cara scan di pc

Tunggu sampai proses scan selesai. Files tersebut akan otomatis tersimpan pada folder "Scanned Dokuments" di direktori My Dokuments pada PC atau laptop Anda, dan format file tersebut adalah JPG atau Image.

Itulah cara scan di laptop dan PC dengan printer, ternyata Anda bisa memindai dokumen atau foto dengan mudah, pastikan Anda menggunakan printer yang sudah mendukung fitur scan, atau menggunakan scanner khusus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Scan Dokumen di Laptop atau PC dengan Printer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel