-->

Cara Mengatasi Layar Realme Burn In atau Shadow



Mengatasi Layar Realme Burn In Shadow - Sejauh ini teknologi layar smartphone terus berkembang dengan cepat, mulai dari LED, Amoled dan sekarang OLED sudah banyak di gunakan oleh beberapa merk smartphone ternama. 

Apa lagi smartphone Realme, tampil dengan menarik pasar anak muda menjadikan smartphone ini banyak di sukai, entah itu untuk bermain game, selfie atau yang lainnya. Tidak sedikit orang yang bingung kenapa layar realme mengalami burn ini padahal ponsel belum lama digunakan.

Layar Burn-in pada umumnya sangat jarang terjadi, dan biasanya baru muncul setelah pemakaian yang cukup lama, masalah ini sering terjadi di layar Amoled, Olead maupun IPS pada ponsel realme.

Mengenal lebih jauh layar Amoled dan Oled

Layar Amoled (Active Matric Organic Light Emitting Diode) merupakan pengembangan dari layar OLED (Organic Light Emiting Diode) adalah layar yang sudah memiliki panel dengan kandungan elemen-elemen organik yang mampu menghasilkan cahaya pada saat dialiri arus listrik, berbeda dengan LED yang harus disinari dengan cahaya terpisah, yaitu dari lampu LED. 

Jika anda kurang paham tentang layar hp anda OLED atau Amoled anda bisa keluar rumah dan bermain hp di terik matahari. 

Jika layar anda hitam atau kurang jelas jika bermain di terik matahari bisa di pastikan layar smartphone Realme anda adalah OLED, ini terjadi di smartphone Realme C1, Realme C2, Realme C3, dan masih banyak yang lainnya.

Ponsel Realme yang memakai teknologi layar Amoled seperti Realme X2, Realme XT, Realme X3, dan kemungkinan ponsel masa depan Realme akan menggunakan teknologi layar super Amoled.

Sebelum masuk ke pembahasan, admin akan memberikan informasi tentang kelebihan layar OLED yang banyak di gunakan oleh ponsel realme. Layar oled memiliki ukuran yang lebih tipis dan ringan, selain itu teknologi layar  ini dapat menghemat energi dan memiliki respon seribu kali cepat di banding layar LCD. 

Karena kelebihan itu membuat layar OLED ini cocok untuk smartphone yang dibuat untuk bermain game.

Tetapi, ponsel Realme yang menggunakan layar OLED sangat rentan sekali rusak, terutama jika penggunaan yang berlebihan, terkena air dan lain sebagainya, intinya layar ini lebih sensitif dibandingkan yang lain.

Penyebab Layar Realme Mengalami Burn-in atau Warna Pudar

1. Penggunaan yang Berlebihan

Ini menjadi faktor utama yang membuat layar RRealme menjadi Burn-in, karena penggunaan yang terlalu lama juga dapat membuat umur OLED menjadi lebih pendek, tentunya pada saat digunakan layar akan terus menyala berjam-jam tanpa henti.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan yang terlalu berlebihan memang tidak baik, oleh karena itu sangat disarankan untuk memahami kekurangan dari teknologi ponsel yang Anda gunakan, hidupkan ponsel seperlunya saja dan penggunaannya jangan terlalu diforsir.

Apa lagi fokus dari realme adalah ponsel untuk game, makanya sekarang keluaran hp Realme menggunakan layar Amoled agar enak untuk bermain game dan bisa lama bermain game.

2. Tingkat Kecerahan Layar Maksimal

Jika anda memiliki masalah mata yang kurang stabil, mengatur brigthess atau tingkat kecerahaan layar merupakan solusinya. Dengan mengatur tingkat kecerahan layar membuat lebih jelas yang ada di layar.

Namun jika anda mengatur kecerahan layar paling tinggi dan lama akan menyebabkan layar menjadi burn-in, karena layar akan bekerja lebih maksimal untuk mencerahkan cahaya lebih terang dari biasanya.

Walaupun burn-in terjadi pada kurun waktu yang lama, bukan berarti Anda menyepelekan hal kecil ini, sangat disarankan untuk mengatur tingkat kecerahan sesuai kebutuhan saja, kecuali jika darurat dan Anda sedang berada diluar ruangan.

Seperti yang sudah anda ketahu bahwa layar OLED tidak akan maksimal jika bekerja di luar ruangan atau terik matahari. Pastikan atur kontras sesuai keperluan saja.

3. Mengatur Screen Time Out

Screen time out adalah waktu matinya layar, Anda bisa mengatur kapan layar akan mati otomatis, bisa 1 menit, 2 menit, 10 menit dan seterusnya, ketika pengaturan time out terlalu lama, tentunya dapat membuat umur layar menjadi lebih pendek dan sangat rentan sekali rusak.

Pada umumnya, screen time out di atur sampai 2 menit saja, setelah itu layar akan redup. Jika hal tersebut telalu lama akan meningkatkan kinerja layar menjadi lebih lama juga, padahal ponsel tidak sedang digunakan. 

Pastikan anda mengatur waktu screen time out jangan melebihi 2 - 5 menit. Jika ponsel anda sudah tidak digunakan pastikan ponsel anda matikan dengan cara di kunci dengan menekan tombol kunci di bagian samping ya gaes, sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi layar Realme Burn-in, kesimpulannya Anda harus mengetahui kekurangan dari ponsel yang digunakan, jangan sampai penggunaannya baru sebentar tapi sudah banyak kerusakan. Sekian, terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Layar Realme Burn In atau Shadow"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel