-->

5 Cara Mengatasi Memori HP Penuh yang Terbukti Berhasil

Hampir semua pengguna HP Android atau iOS pernah mengalami masalah ini. Memori HP penuh bisa disebabkan karena banyak faktor. Ketika penyimpanan HP mulai penuh, kemungkinan Anda tidak dapat mengambil foto atau memasang aplikasi baru.

Walaupun sudah banyak HP Android yang menawarkan memori internal dengan kapasitas besar, namun sebenarnya penyimpanan itu tidaklah murni. Contohnya HP dengan penyimpanan 32GB yang sudah dibagi untuk menyimpan aplikasi bawaan dan sistem operasi.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini? Tenang saja, Anda masih bisa membersihkan penyimpanan internal HP tanpa harus menghapus banyak foto lama, aplikasi, game favorit dan harta digital lainnya.

Apa Penyebab Memori Internal HP Penuh?


Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa memori HP cepat penuh, padahal Anda sudah menghapus aplikasi dan file-file tidak penting. Diantaranya adalah:

1. Sistem Operasi Berukuran Besar


Umumnya sistem operasi dibuat dengan tujuan untuk mempercepat kinerja ponsel dan mempercantik tampilannya. OS ini memiliki versi yang berbeda-beda. Semakin tinggi versi sistem operasi smartphone maka ukurannya akan semakin besar.

Itu berarti, sistem operasi terbaru membutuhkan memori yang lebih lega. Inilah alasannya kenapa banyak penyimpanan smartphone Android atau iOS yang tiba-tiba penuh ketika selesai melakukan update sistem.

2. Banyak File Sampah Tersembunyi


Banyak orang yang tidak sadar kalau ada beberapa aplikasi dan game yang diam-diam memakan ruang penyimpanan, baik itu menyimpan file, gambar atau video berukuran besar tanpa sepengetahuan pengguna.

Aplikasi yang sering sekali menyimpan file-file sampah adalah aplikasi edit video atau foto. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh setiap aplikasi melalui menu pengaturan.

3. Memori HP Penuh Bisa Disebabkan Karena Banyaknya Pesan SMS yang Tidak Dihapus


Pesan SMS yang menumpuk juga berpengaruh dan bisa menjadi penyebab memori HP cepat penuh. Terutama pesan SMS yang berisi media seperti foto, video atau teks yang terlalu panjang.

Anda bisa menggunakan fitur pengarsipan cerdas yang secara otomatis menghapus file media dari pesan SMS yang sudah lama tidak dilihat dan secara otomatis mengunduh ulang file saat pesan dibuka. Namun sayangnya, masih sedikit smartphone yang dilengkapi dengan fitur ini.

4. Terbiasa Mengambil Foto dengan Mode HDR


Mengambil foto dengan mode HDR memang bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. 

Namun sebenarnya mode HDR berfungsi untuk menggabungkan elemen lebih dari satu foto yang berarti membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

5. Memasang Aplikasi yang Tidak Penting


Mengoleksi aplikasi dan game memang tidak dilarang, tetapi Anda harus mempertimbangkan kebiasaan ini. Karena tentunya memori HP akan semakin penuh jika Anda memasang aplikasi baru tanpa menghapus aplikasi lama yang sudah tidak digunakan lagi.

Cara Mengatasi Memori HP Penuh yang Terbukti Berhasil


memori hp penuh

Jangan khawatir. Jika Anda tidak ingin membeli ponsel baru dan ponsel Anda tidak dipasang SDCard sebagai penyimpanan tambahan. Mungkin Anda masih bisa membersihkan memori HP dengan beberapa tips dibawah ini:

1. Cari Tahu Apa Saja yang Memakan Banyak Ruang Penyimpanan


Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apa saja yang memakan banyak ruang penyimpanan. Dengan mengetahui sumber utamanya, tentu akan mempermudah Anda ketika ingin membersihkan memori HP.

Untuk melihat daftar file, aplikasi atau media yang menghabiskan banyak ruang, langsung saja ikuti langkah berikut ini:

  • Buka pengaturan pada HP Anda.
  • Scroll kebawah lalu cari menu Penyimpanan.
  • Pilih menu tersebut dan lihat data yang ditampilkan.
  • Pada menu ini, Anda bisa melihat total penyimpanan sistem, aplikasi, gambar, video, audio, data dalam cache dan file lainnya.

2. Memindahkan File ke Google Drive


Jika ternyata banyak foto dan video kenangan yang tidak mungkin dihapus, Anda bisa memindahkan semua itu ke layanan penyimpanan gratis, seperti Google Drive, Mediafire atau Drivebox. Jadi semua file tersebut tidak lagi disimpan di HP Anda.

Biasanya setiap layanan cloud storage gratis akan membatasi setiap penggunanya. Seperti Google Drive yang hanya menyediakan ruang penyimpanan 15GB. Tetapi jika ukuran filenya lebih dari itu, berarti Anda harus upgrade ke layanan berbayar.

3. Memasang SDcard Sebagai Memori Tambahan


SDcard bisa menjadi solusi untuk mengurangi file dan media yang tersimpan di HP Anda. Banyak SDcard dengan berbagai merk dan kapasitas berbeda yang bisa Anda jadikan sebagai penyimpanan cadangan jika memori internal HP sudah menipis.

Selain file dan media, Anda juga bisa memindahkan aplikasi yang terinstal di memori internal ke SDcard dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan.
  • Cari dan pilih menu Manajemen Aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin dipindahkan.
  • Lalu klik opsi Storage/Penyimpanan.
  • Klik tulisan Change lalu pilih SDcard.
  • Terakhir klik Move untuk memindahkan aplikasi.

Catatan: Tidak semua smartphone mengizinkan penggunanya untuk memindahkan aplikasi ke SDcard, kecuali jika menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan


Aplikasi lama yang dibiarkan begitu saja tentunya akan membuat memori HP semakin sempit, apalagi jika Anda terus memasang aplikasi-aplikasi baru. 

Jika memang kinerja ponsel mulai lambat karena penyimpanan yang semakin kecil, berarti Anda harus merelakan untuk uninstall aplikasi yang sudah lama tidak digunakan lagi.

Selain itu, jika Anda sering meminta aplikasi via bluetooth atau SHAREit, disarankan untuk menghapus file .apknya setelah aplikasi berhasil diinstal.

5. Bersihkan Cache Aplikasi


Secara umum, setiap aplikasi Android menggunakan 3 metode penyimpanan, diantaranya adalah penyimpanan untuk aplikasi itu sendiri, file data aplikasi dan cache aplikasi.

Jika ukuran cache terlalu besar, maka akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Dalam hal ini, membersihkan cache aplikasi adalah langkah tepat untuk mengatasi memori HP yang tidak mencukupi.

Lalu bagaimana cara membersihkan cache aplikasi? Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama buka pengaturan atau setting.
  • Cari dan klik menu Manajer Aplikasi/Aplikasi Terinstal.
  • Kemudian akan ada daftar semua aplikasi yang terinstall.
  • Cari dan klik aplikasi yang ingin dihapus cachenya.
  • Terakhir klik Bersihkan Cache.
  • Ulangi langkah ini jika Anda ingin menghapus cache aplikasi lainnya.

Apa yang Terjadi Jika Membiarkan Memori Internal HP Dalam Keadaan Penuh?


Ada banyak dampak negatif jika membiarkan penyimpanan internal penuh. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ponsel cepat panas.
  • Ponsel sering hang.
  • Kinerja ponsel berkurang.
  • Aplikasi macet/patah-patah.
  • Baterai menjadi lebih boros.
  • Tidak bisa memperbarui aplikasi.
  • Tidak bisa menambahkan Foto Baru.
  • Tidak bisa menerima Bluetooth, SHAREit dan aplikasi berbagi file lainnya.

Selain diatas, masih banyak lagi efek negatif jika tidak menyisakan ruang kosong pada ponsel. Jadi jika ponsel Anda tidak ingin mengalami masalah ini, segera bersihkan jika memori HP penuh dengan mengikuti tips diatas. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Mengatasi Memori HP Penuh yang Terbukti Berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel