-->

√ 3 Cara Mengatasi Memori HP Realme Penuh, Mudah Banget

Rutin membersihkan file sampah akan membuat kinerja HP Realme Anda tetap terjaga, apalagi jika penyimpanan internal yang tersedia tinggal sedikit. Masalah memori HP Realme penuh bisa diatasi dengan mudah, mulai dari membersihkan cache aplikasi, melakukan scanning dan lain sebagainya.

Walaupun kebanyakan HP Realme sudah dilengkapi dengan penyimpanan internal berkapasitas besar, bukan berarti memori tersebut tidak akan penuh. Jika Anda sering menambah aplikasi baru, mengunduh film atau berkas berukuran besar tanpa membersihkan file sampah maka memori akan cepat habis.

Cara Mengatasi Memori HP Realme Penuh


memori hp realme penuh

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba sebagai langkah untuk meningkatkan kinerja HP Realme dengan cara membersihkan memori yang penuh tersebut. Dengan mengikuti langkah dibawah ini, notifikasi penyimpanan internal full yang mengganggu tidak akan muncul lagi.

1. Menghapus Cache Aplikasi


Umumnya setiap aplikasi meminta izin untuk mengakses penyimpanan ponsel Anda. Secara diam-diam aplikasi tersebut justru menyimpan file sampah tanpa sepengetahuan pengguna. File tersebut dinamakan cache.

Jika ini dibiarkan saja, lama kelamaan penyimpanan internal akan penuh tanpa sebab yang jelas. Oleh karena itu segera hapus cache aplikasi di HP Realme dengan langkah dibawah ini:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Gulir kebawah lalu pilih Manajemen Aplikasi.
  • Lalu akan ada daftar aplikasi yang terinstal dimenu ini.
  • Pilih salah satu aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya.
  • Terakhir, klik opsi Hapus Cache.

2. Scan File Sampah dengan Aplikasi Bawaan


Seperti yang diketahui, HP Realme sudah terpasang aplikasi scanning berkas sampah bawaan, Ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan file-file tidak penting yang terkadang berada didalam folder dan sulit untuk ditemukan.

Tenang saja, semua data seperti foto, musik, aplikasi tidak akan terhapus, karena aplikasi ini hanya akan memindai cache saja.

  • Buka File Manajer / Manajer File di HP Realme Anda.
  • Scroll kebawah, lalu pilih opsi "Bersihkan".
  • Tunggu proses pembersihan sampai selesai.

3. Hapus Cache/Data Browser


Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan cache dan data browser Anda. Biasanya setiap peramban yang digunakan akan menyimpan semua history pencarian Anda di internet, dan ini akan menghasilkan file sampah yang cukup besar.

Berikut ini cara membersihkan cache Chrome di HP Realme:

  • Buka aplikasi Chrome atau browser lain yang sering digunakan.
  • Klik tiga titik dipojok kanan atas.
  • Kemudian pilih opsi History.
  • Terakhir, klik Hapus data penjelajahan.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai cara mengatasi memori HP Realme yang penuh. Kesimpulannya, memori internal Realme yang penuh kebanyakan disebabkan oleh file sampah (cache). Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 3 Cara Mengatasi Memori HP Realme Penuh, Mudah Banget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel