-->

AREMA FC ANGGAP LIGA 1 TANPA DEGRADASI MASIH TETAP MENARIK, JAVIER ROCA MENGAKU TAK KAGET ..


Pelatih Arema FC, Javier Roca menanggapi dingin keputusan PSSI yang menetapkan Liga 1 musim 2022/2023 tanpa degradasi dan Liga 2  dihentikan.



Pelatih Arema FC, Javier Roca mengaku tak kaget dengan keputusan yang telah diambil PSSI tersebut.

"Ini bukan yang pertama, saya 20 tahun di sini, sudah berapa kali tidak ada degradasi," ucap Roca, Jumat (13/1/2023).

Pelatih asal Cile mengatakan, bahwa sebenarnya dia tidak berhak untuk berkomentar atas keputusan dari PSSI tersebut. Karena hal itu merupakan keputusan dari federasi.

Akan tetapi, dia tetap bersikap profesional, dan menyiapkan tim Arema FC, untuk tetap bisa bersaing di papan atas klasemen Liga 1.

"Saya gak tahu, atas dasar dan alasan seperti apa. Tapi yang jelas, karena tujuan Arema itu adalah bersaing di papan atas harusnya tidak pengaruh,"

"Tapi tanggung jawab pelatih tim menejemen itu sama. Kami harus jaga nama klub, nama sendiri. Jadi kami tetap bersikap profesional. Karena kami mewakili satu kota, kami harus tetap profesional," terangnya.

Meski Liga 1 tanpa degradasi, Roca menganggap, bahwa kompetisi Liga 1 masih tetap akan berjalan menarik.

Sebab, dia menjadi pelaku dalam kompetisi tersebut dan akan mematuhi keputusan yang telah diambil oleh federasi.

Apalagi Roca telah banyak malang melintang di persepakbolaan Indonesia.

Mulai dari menjadi pemain, hingga kini berprofesi sebagai pelatih sepakbola.

"Keputusan ini banyak tanda tanya, tapi ini keputusan orang di federasi yang punya hak untuk memutuskan. Kalau kita dikit-dikit keputusan ini kenapa ini kenapa, kapan orang mau kerja,"

"Yang jelas ini bukan keputusan dari kita. Kami tidak berhak untuk protes, cuma bisa jalan terus apapun yang di dalam kontrak kan ada latihan, game dan semua kegiatan harus diikuti," tandasnya.

Liga 2 dan Liga 3 Dihentikan
..
Kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 resmi dihentikan dan kompetisi Liga 1 musim ini dinyatakan tanpa degradasi.

Keputusan mengejutkan terkait kompetisi sepak bola level tertinggi Indonesia itu dimumkan secara resmi oleh PSSI malam ini, Kamis (12/1/2023).

Keputusan Liga 1 2022/2023 tanpa degradasi tentunya menjadi angin segar bagi tim-tim papan bawah di klasemen sementara saat ini.

Di sisi lain dihentikannya Liga 2 musim ini akan mengubur mimpi klub yang ingin naik kelas.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyatakan PSSI memutuskan untuk menghentikan kelanjutan Kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 berdasarkan hasil rapat Exco PSSI yang berlangsung hari ini, Kamis (12/1/2023) di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Yunus Nusi menyampaikan bahwa keputusan ini diambil berdasarkan berbagai faktor.

Berikut Alasan yang mendasari pengambilan keputusan itu :
..
1. Adanya permintaan dari sebagian besar klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi tersebut tidak bisa dilanjutkan. Hal ini terjadi karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

2. Rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat.

3. Perpol No. 10 Tahun 2022 mengamanatkan proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan.

Dalam rapat Exco tersebut juga memutuskan dan memerintahkan kepada PT.LIB untuk memfasilitasi pembentukan operator baru guna pelaksanaan Liga 2.

“Untuk Liga 1, kompetisi tersebut akan tetap berjalan dan tanpa ada degradasi. Hal ini karena penyesuaian kompetisi Liga 2 yang tidak berjalan,” kata Yunus Nusi.

Sementara untuk wakil Indonesia di kompetisi AFC musim 2023/2024, PSSI akan menggelar play-off yang diikuti oleh juara Liga 1 2021/2022 versus juara Liga 1 2022/2023.

Terakhir, untuk Liga 3 putaran Nasional 2022/2023 resmi dihentikan. Bagi Asprov yang telah memutar, kuotanya tetap dapat digunakan pada kompetisi selanjutnya. (Suryamalang.com).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "AREMA FC ANGGAP LIGA 1 TANPA DEGRADASI MASIH TETAP MENARIK, JAVIER ROCA MENGAKU TAK KAGET .."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel