-->

Cara Mudah Mengatasi HP Cepat Panas Dan Baterai Cepat Habis

Hp sering panas jika dimainkan

Terlalu asik bermain hp android menyebakan kerugian baik untuk pengguna hp maupun hp tersebut. Apa lagi kalo hp android sudah terkoneksikan internet membuat pengguna seakan lupa waktu dan memainkan terus hp androidnya.  Bahkan ponsel cepat panas jika di mainkan terus menerus apa lagi jika bermain game.

Jika anda peduli dengan hp android kalian pasti akan mencari tahu cara mengatasi masalah ini. Kami disini akan mencoba memberikan tips dan cara mengatasi hp android panas dan baterai cepat habis supaya hp android anda tidak cepat rusak.

Masalah ini biasanya di alami oleh kebanyaka hp android yang di gunakan untuk keperluan yang berat.  Kebanyak di alami oleh hp android bermerek Asus,Xiomi, oppo, dll. Tidak menutup kemungkinan hp dengan merek terkenal seperti samsung juga bisa panas saat digunakan untuk beberapa hal.

Sebenarnya apa sih ? yang membuat hp android cepat panas. Pasti banyak yang bertanya tanya kan kenapa hp android saya cepat panas padahal tidak buat apa-apa. Hp android cepat panas biasanya di sebabka karena ponsel di mainkan terus menerus seperti buat bermain game, bekerja, membuka aplikasi yang banyak, dll. Secara teknis yang membuat hp android cepat panas saat digunakan berasal  dari Procesor, GPU, Baterai, dll.

Sebelum masuk ke cara mengatasi hp android cepat panas dan baterai cepat habis, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu yang menyebabkan hp android cepat panas.

Penyebab Hp Android Panas ?


1. Bermain Game Terlalu Lama

Bermain game merupakan salah satu penyebab hp menjadi panas

Penyebab pertama yang sering di hadapi ketika hp android cepat panas gara-gara bermain game dengan terlalu lama, atau lupa waktu. Bahkan banyak pengguna hp android membeli hp untuk bermain game online.

Bermain game sekarng bukan cuma untuk mengisi waktu luang saja, tapi banyak orang menjadikan bermain game menjadi profesi yang menguntungkan.

2.  Membuka aplikasi yang banyak.

Pasti banyak pengguna hp android yang menutup aplikasi dengan menekan tombol menu utama, jadi banyak aplikasi yang tidak tertutup semestimya, jadi mengalami penumpukan aplikasi yang berjalan di ponsel tersebut.

Aplikasi yang terbuka dan tidak di tutup dapat menyebabkan android kita menjadi panas. Pastikan kita menutup  aplikasi yang tidak kita perlukan saat itu. Untuk mematikan aplikasi pada hp android tidak harus masuk lagi kemudian keluar anda bisa melakukan dengan cara menekan tombol biasanya di samping kiri atau kanan menu home, dengan mengetahui aplikasi yang terbuka silahkan swap ke kiri atau kanan untuk memberhentikannya.

3.  Membuka halaman website yang berat.

Membuka situs website juga menjadikan hp android cepat panas, karena di situ ponsel akan bekerja lebih ekstra jika ingin melihat situ yang berat, bahkan sering terjadi blank jika ada situs yang susah di buka atau berat untuk di jalankan/ Itu juga alasannya kenapa browser di android memerlukan biyaya batrai yang cukup besar, jadi jika kalian browsing terlalu lama maka ponsel cepat panas dan baterai mudah habis.

4. Menggunakan Hp saat masih di charge.

 Pernah mendengar atau membaca berita tentang hp android meledak saat di charge ? Ini merupakan salah satu penyebab hp android menjadi panas apa lagi menggunakannya saat di charge. Kelebihan panas atau over heat dapat melampoaui suhu normalnya dan akhirnya meledak.

Jangan sekali sekali menggunakan hp android saat ngecharge, seperti telepon, sms, main game, atau internet. Bukan cuma bisa melampaui suhu panas saja, bermain hp dengan di charge juga bisa mengurangi usia batre, bahkan bisa membuat batre menjadi rusak.

5. Baterai hp mau rusak.

Batu batrai yang sudah habis usia atau mau rusak juga mempengaruhi peforma hp android anda. Selain itu daya batrai yang mulai tidak stabil mempengaruhi peforma  tidak optimal.

6. Handphone kotor terkena debu, minyak, bahkan air.

Kotoran dari luar juga mempengaruhi kinerja hp android anda, semisal layar android anda terkena minyak di wajah, bahkan ada air yang menetes membuat ponsel menjadi lola.

7. Menghidupkan paket internet.

Ini sering terjadi hampir di semua hp android. Perlu di ketahui bahwa ini juga menyebabkan android cepat panas. Matikan paket data jika tidak di perlukan.

8. Signal Operator bermasalah.

Jika sinyal kartu sim sedang bermasalah maka ponsel akan terus melakukan pencarian sinyal secara otomatis. Ini juga bisa mempengaruhi peforma telpon kalian bahkan jika selalu mencari sinyal maka ponsel akan bekerja terus meneruh. Jika ponsel dalam keadan susah signal masuk ke mode terbang saja supaya ponsel tidak bekerja ekstra.

9. Beban prosesor yang berlebihan.

Prosesor merupakan komponen yang sangat penting di sistem ponsel android.  Jadi jika prosesor di kasih beban yang cukup berat bisa membuat ponsel menjadi bootlop dan menjadi ponsel menjadi rusak. Jika sudah terjadi maka dilakukan restart ulang hp android anda.

10. Ada virus di hp android.

Virus yang sedang jalan di sistem tidak akan kelihatan, Virus ini akan membebani ram dan juga prosesor. Karena itu android menjadi panas. Virus ini terkadang sangat bandal sering muncul iklan dan mampu membuat hp android menjadi blank, bahkan bisa stuck pada layar.

Cara mengatasi hp android cepat panas dan batrai cepat habis


Di atas sudah di bahas tentang penyebab hp android cepat panas, sekarang saatnya untuk bagaimana cara mengatasi hp android cepat panas. Ada beberapa tips atau cara untuk mengatasi hp yang terlanjur panas mari kita simak.

1. Menggunakan Aplikasi Clean Master

Aplikasi clean master sangat berguna untuk mengatasi hp panas

Aplikasi smart manager merupakan aplikasi yang memiliki banyak sekali manfaatnya mulai dari pembebas ram, pembersih sampah atau cache, dan juga pembersih virus. Jadi jika ponsel anda merasa melambat atau batrai panas silahkan langsung melakukan Boast untuk menjalankan aplikasi Clean Master. 

Aplikasi ini juga kami rekomendasikan karena sudah terbukti membuat banyak perangkat android menjadi lebih ringan dan lebih dingin.

2. Menggunakan Smart Manager

Kalau di atas menggunakan aplikasi dari pihak lain, lainnya dengan Smart Manager, dimana smart manager juga aplikasi bawaan ponsel android. Isi dari smart manager bawaan hp juga hampir mirip dengan Clean Master cuma di sini kalian lebih prakts karena tidak perlu instal aplikasi, bahkan tidak muncul iklan.

3. Melakukan Update Aplikasi Di Ponsel

Melakukan pembahuruan pada ponsel akan membuat aplikasi berjalan semestinya. banyak sekali aplikasi di ponsel yang tidak memperbahuri aplikasi yang sudah terpasang, padahal pembaharuan diperlukan untuk menyempurnakan sebuah aplikasi sehingga berjlana semestinya.

4. Menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang


Saat menggunakan hp android, kadang kita tidak sadar kalau sudah membuka aplikasi tetapi tidak menutupnya. Ya mungkin aplikasi yang sudah terbuka akan lebih cepat ketika membukanya kembali. Tetapi apakah anda tahu aplikasi yang berjalan akan mengkonsumsi memory RAM yang besar. itulah yang membuat Hp semakin panas.

Cara mengatasinya adalah mengeluarkan aplikasi yang tidak di perlukan, biasanya dengan menekan tombol kota yang ada di kanan atau kiri home screen lalu keluarkan aplikasi yang tidak di perlukan.

Dampak Negatif jika hp android terlalu panas/ Over heat.

Sesuai dengan kasus yang kami ketahui, ada banyak sekali dampak buruk yang akan di terima jika ponsel android anda mengalami over heat, mari kita simak penjelasannya.
  • Hp akan cepat rusak.
  • Hp menjadi lemot
  • Kehilangan data karena virus.
  • Layar monitor leg atau tidak berfungsi.
  • IC power tidak berfungsi.
  • Batrai cepat rusak.
  • Hp bisa meledak.
  • dan masih banyak lagi
Oleh karena itu penulis tidak ingin terjadi pada anda, pengguna hp agar lebih berhati hati dalam menggunakan hp apa lagi jika sudah merasa panas sebaiknya ponsel di istirahatkan terlebih dahulu.

Memegang hp saat keadan panas merupakan hal yang sangat tidak nyaman, jika kondisi itu sudah terjadi pada ponsel sebaiknya hp di istirahtkan terlebih dahulu. Jika ponsel sudah sering troubel atau di pakai baru berapa menit panas silahkan lakukan cara di atas, kalau masih tidak berfungsi silahkan untuk melakukan service ke gerai smartphone terdekat.

Semoga artikel ini membantu bagi pembaca, share artikel ini supaya banyak yang membaca dan terbantu. terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi HP Cepat Panas Dan Baterai Cepat Habis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel