-->

12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di Hp Android

Layar Sentuh HP Android - Bagaimana cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon baik itu ketika dipakai internetan ataupun error ketika bermain game ? Mengingat layar merupakan salah satu potongan terpenting dari sebuah ponsel, disini kami akan mencoba mengulas akan persoalan touchscreen yang tidak berfungsi sama sekali.

Perlu untuk kau ketahui bahwa layar hp android yang tidak merespon lantaran LCD retak atau pecah yang disebabkan terjatuh, terinjak, tersiram air atau tertindih tentu akan berbeda cara penanganannya dengan touchscreen ponsel yang error lantaran sistem.

Lantas menyerupai apakah 12 cara memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali tersebut ? Akan tetapi kami ingatkan sekali lagi, kalian harus mengetahui penyebab touchscreen yang kadang sanggup kadang tidak tersebut terlebih dahulu sebelum mencoba mengatasi hp layar sentuh yang tidak sanggup disentuh sendiri.

Oleh lantaran itu pada pertemuan kita kali ini, kami akan mencoba menawarkan 12 solusi yang sanggup kita lakukan sendiri ketika persoalan layar sentuh hp android tidak sanggup di geser tersebut terjadi pada diri kita.

Maka dari itu mari eksklusif saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 12 cara mengatasi layar sentuh hp android lemot jikalau di sentuh di bawah ini.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Berfungsi Sama Sekali

cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Pada tips untuk mengatasi layar sentuh ponsel android sering error tidak merespon jikalau di sentuh di bawah ini, kami berikan dengan urutan langkah termudah yang sanggup lakukan sendiri.

Meskipun cara ini merupakan langkah sederhana yang gampang dilakukan untuk kita semua, namun 12 cara mengatasi touchscreen tidak sanggup disentuh ini sanggup kita aplikasikan pada semua tipe smartphone android menyerupai hp asus zenfone, xiaomi, oppo smartphone, vivo, lenovo, andromax, hp advan dan juga SAMSUNG.

cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Untuk mempersingkat waktu, mari eksklusif saja kita mulai pembahasan mengenai 12 langkah - langkah service layar sentuh hp android yang tidak merespon sentuhan sebagai berikut :

12 Cara Mengatasi Touchscreen Android Yang Tidak Bisa Disentuh


1. Periksa Kondisi Layar Ponsel

Sebelum kita melaksanakan service pada layar LCD smartphone android yang rusak, kita harus mengetahui terlebih dahulu akan penyebab layar hp tidak merespon jikalau di sentuh tersebut.

Hal ini dikarenakan untuk mengatasi touchscreen error tidak berfungsi di hp android tersebut mempunyai cara yang berbeda, tergantung dari faktor penyebabnya.

cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Maka dari itu apabila kita mengalami persoalan layar sentuh hp android tidak sanggup disentuh (lemot tidak merespon) tersebut, langkah termudah yang perlu untuk kita lakukan yaitu sebagai berikut :

  • Pastikan layar hp android tidak retak, pecah, ataupun rusak
  • Apabila pada layar hp android terdapat tempered glass atau pelindung layar, sebaiknya lepas pemanis tersebut terlebih dahulu
  • Apabila kita mengenakan sarung tangan, alangkah lebih baiknya lepas sarung tangan kita tersebut
  • Apabila kita menempelkan stiker pada layar atau sensor, jangan ragu untuk melepas stiker
  • Pastikan jikalau layar lcd hp android dalam kondisi bersih

2.  Restart Ponsel Android

Seringkali untuk mengembalikan layar sentuh yang tidak sanggup disentuh tersebut, kita biasanya akan menghidupkan ulang ponsel atau tablet android yang kita miliki.
cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Untuk melaksanakan restart smartphone android, kita sanggup melakukannya dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Pertama - tama tekan tombol power perangkat. Di layar, tap Nyalakan ulang Mulai ulang.
  • Apabila kita tidak melihat "Nyalakan ulang", maka tekan tombol power perangkat selama 30 detik dan tunggu hingga layar hp berkedip hidup kembali.

3.  Cek RAM

Kita tidak perlu tergesa - gesa untuk memastikan bahwa terdapat kerusakan pada hardware layar ponsel android yang kita miliki apabila layar sentuh tidak responsif atau tidak bergerak meskipun sudah di sentuh.
cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Hal ini dikarenakan ponsel android merupakan sebuah smartphone berbasis sistem Android yang banyak memakan ruang pada RAM perangkat tersebut.

Kaprikornus akan terdapat kemungkinan penyebab layar sentuh hp android tidak responsif tersebut berasal dari kinerja RAM yang terlalu berat. Oleh lantaran itu untuk mengtasi persoalan layar sentuh yang error tersebut kita perlu melaksanakan hal - hal sebagai berikut :

  • Hapus aplikasi yang jarang digunakan
  • Pasang aplikasi menyerupai Clean Master untuk memantau kinerja RAM pada perangkat android yang kita miliki

4.  Masuk Ke Dalam Mode Aman (Save Mode)

Untuk memastikan lebih lanjut mengenai layar hp tidak sanggup sentuh tersebut yang dikarenakan aplikasi yang telah terinstal pada ponsel yang kita miliki, maka kita sanggup memastikannya dengan masuk pada mode kondusif smartphone android tersebut.

Untuk masuk ke dalam save mode perangkat android tersebut, langkah - langkah yang perlu kita lakukan yaitu sebagai berikut :

  • Pertama - tama tekan dan tahan tombol power di perangkat android
  • Pada layar smartphone, tap usang untuk Matikan perangkat Daya
  • Setelah masuk mode aman, kemudian sentuh layar
  • Jika layar berfungsi dalam mode aman, kemungkinan besar penyebab masalahnya yaitu aplikasi yang telah kita unduh pada hp android tersebut
  • Jika memang demikian maka kita perlu untuk menghapus aplikasi - aplikasi tersebut

Untuk masuk pada mode aman, setiap smartphone android mempunyai cara yang berbeda. Maka dari itu, semoga lebih jelasnya kita sanggup melaksanakan pencarian cara masuk ke mode kondusif hp android yang kita miliki tersebut pada pencarian Google.

5. Test Pada Bagian Layar LCD HP Android

Namun jikalau kita telah masuk pada mode kondusif bukanlah aplikasi terinstal yang mengakibatkan layar sentuh hp android sering tidak merespon maka kita sanggup memakai sajian Setelan Cepat notifikasi.

cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Hal ini sering dilakukan untuk memperbaiki layar sentuh rusak sebagian, untuk melaksanakan pengecekan tersebut kita perlu :

  1. Pertama - tama sentuh sudut kiri atas layar
  2. Kemudian seret jari kita ke pojok kanan bawah tanpa mengangkat jari secara perlahan
  3. Lakukan hal tersebut secara perlahan sehingga kita sanggup menghitung hingga 10 sebelum mencapai sudut layar yang berseberangan

Jika kita sanggup menarik sajian Setelan Cepat dan notifikasi hingga potongan bawah layar maka masalahnya bukan berasal dari area tertentu pada layar

Jika sajian Setelan Cepat dan notifikasi terlepas ketika kita sedang menyeret jari di layar

Ulangi pengujian. Jika Setelan Cepat dan notifikasi terlepas lagi, maka pastikan hal tersebut terjadi pada potongan layar yang sama lantaran sanggup jadi kerusakan disebabkan lantaran hardware perangkat itu sendiri

6. Unduh Aplikasi Multitouch Tester

Touchscreen / layar LCD hp android tidak berfungsi lantaran error sering kali tidak jauh dengan persoalan menyerupai layar tidak merespon, layar tidak bergerak, layar bergerak sendiri / melesat dan bahkan layar hp android blank screen.

Untuk mengecek kerusakan pada layar sentuh hp android tersebut kalian juga sanggup memakai aplikasi yang berjulukan "Multitouch Tester" dan sanggup kau dapatkan secara gratis pada google play android.

Untuk memakai aplikasi tersebut, langkah - langkah yang harus kita lakukan diantaranya yaitu :

  • Unduh aplikasi Multitouch tester di playstore hp android terlebih dahulu
  • Setelah itu install aplikasi dan tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Kemudian jalankan aplikasi, sesudah itu kita akan diminta untuk menempelkan jari ke layar
  • Jika sudah menempelkan jari ke layar sesuai yang diminta oleh aplikasi, namun ada yang tidak terhitung. Maka sanggup dipastikan terdapat kerusakan pada layar handphone tersebut

7. Menonaktifkan Opsi Developer

Perlu untuk kita ketahui bahwa terkadang jikalau kita mengaktifkan opsi developer maka sanggup memengaruhi performa layar sentuh.

  • Buka aplikasi Setelan di hp android yang kita miliki
  • Tap Sistem berikutnya Opsi developer. Kita akan melihatnya hanya jikalau opsi developer diaktifkan.
  • Nonaktifkan Opsi developer

8.  Force GPU Reading

Efek transisi jelek pada layar hp android terkadang juga sanggup menjadi penyebab layar sentuh tidak merespon.

Maka dari itu tidak ada salahnya jikalau kita memakai Force GPU reading untuk meringankan elemen yang ada pada layar. Berikut langkah - langkah untuk mengaktifkan fitur Force GPU reading, diantaranya yaitu :

  • Pertama, Settings >> Developer Options >> Force GPU reading
  • Kedua, jikalau tidak ada sajian developer options, kita hanya perlu masuk ke Settings >> About phone >> Developer Options

baca juga : 5 Masalah Touchscreen Error di HP Android Yang Sering Terjadi

9.  Kalibrasi Layar HP Android

cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Jika kita mengalami touchscreen sulit di gerakan padah sudah kita sentuh berkali - kali dan kondisi layar tidak retak ataupun pecah maka kita perlu untuk mencoba melaksanakan kalibrasi layar android.

baca juga : Cara Kalibrasi Layar Sentuh HP Android Agar Kembali Normal

10.  Kembali Ke Pengaturan Awal

Jika dari beberapa cara di atas belum ada yang membuahkan hasil akan mengatasi layar sentuh yang error lantaran software maka reset kembali ke pengaturan pabrik yaitu langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan.

Namun sebelum kita melaksanakan langkah - langkah tersebut, alangkah lebih baiknya jikalau kita melaksanakan backup data yang ada pada ponsel kita terlebih dahulu.

  • Langkah pertama tekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan
  • Tahan dan jangan dulu dilepas, terkecuali muncul sajian dilayar
  • Setelah itu pilih sajian factory resert atau kembali ke pengaturan pabrik
  • Gunakan tombol volume untuk menaik-turunkan semoga sanggup menentukan menu, dan tombol power sebagai pilihan
  • Pilih sajian factory reset dan tunggu hingga proses selesai
  • Dan semoga layar akan kembali menjadi normal dan sanggup dipakai kembali

11.  Ganti Layar Touchscreen HP Android

Mengganti layar sentuh / touchscreen hp android yaitu langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan apabila semua cara di atas tidak menawarkan hasil yang positif.

cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android
Namun untuk langkah yang terakhir ini, kami sarankan semoga anda membawa smartphone android tersebut pada daerah service terdekat.

Hal ini dikarenakan untuk mengganti layar sentuh hp android yang rusak tersebut dibutuhkan suatu keahlian khusus. Selain itu, dengan membawa ke service center hp android terdekat persoalan layar sentuh tidak merespon tersebut sanggup di tangani pada langkah yang lebih lanjut.

12. Terkena Air
cara mengatasi layar sentuh hp android yang tidak merespon 12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di HP Android

Jika kita mengalami persoalan layar sentuh hp android yang tidak merespon lantaran kemasukan air, maka mungkin postingan kami mengenai Penanganan Pertama Ketika HP Masuk Ke Dalam Air sanggup membantu anda.

Demikian pertemuan kita kali ini yang gres saja mengulas wacana cara mengatasi layar sentuh hp android tidak berfungsi secara mendadak tersebut. Semoga postingan kami kali ini sanggup menawarkan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Tidak Merespon Di Hp Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel