-->

2 Cara Menggunakan Fitur NFC di HP Android: Mudah & Cepat

Mungkin kamu pernah mendengar kata "NFC" ketika sedang melihat review atau spesifikasi smartphone keluaran terbaru. Secara umum, NFC adalah fitur yang memiliki banyak fungsi penting, salah satunya adalah transfer data diantara dua perangkat. Pada artikel ini, kami akan memberikan tutorial cara menggunakan fitur NFC di HP Android.

NFC sangat memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran elektronik, atau mengirim data berupa gambar, video dan berkas ke perangkat lain dengan cepat. Adanya fitur NFC pada Android juga memungkinkan perangkat yang sama mengirim atau menerima ke tag NFC yang dapat diprogram.

Biasanya, fitur ini hanya tersedia di smartphone high-end (kelas atas). Salah satu trik yang bisa kamu coba untuk mengetahui apakah HP kamu sudah dilengkapi fitur ini atau tidak adalah dengan cara mencari tulisan "NFC", baik itu dibelakang HP atau di kotaknya.

Nah, bagi kamu yang belum paham mengenai cara mengaktifkan NFC di Android, kami sarankan untuk mengikuti tutorial berikut ini:

Cara Menggunakan Fitur NFC di HP Android


cara menggunakan nfc

Umumnya, setiap smartphone memiliki cara yang hampir sama untuk mengaktifkan fitur ini, ada yang bisa diaktifkan langsung melalui status bar atau lewat menu pengaturan. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Melalui Pengaturan


  • Buka menu Pengaturan di HP kamu.
  • Kemudian pilih [Perangkat yang terhubung] atau [Koneksi].
  • Lalu kamu akan melihat opsi NFC dan silakan aktifkan fitur ini dengan cara menggeser ke posisi ON.

2. Melalui Status Bar


Ada cara yang lebih praktis untuk mengaktifkan NFC di Android, yaitu melalui status bar. Berikut ini tutorial lengkapnya:

  • Tarik status bar (layar atas) ke bawah.
  • Kemudian cari opsi NFC.
  • Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu tap tulisan NFC tersebut.

Cara Transfer Data dengan NFC di Android


Setelah NFC berhasil diaktifkan, kamu bisa mencoba untuk transfer data ke perangkat yang sudah mendukung fitur NFC juga. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan NFC pada perangkat pengirim dan penerima sudah aktif.
  2. Pastikan juga kedua perangkat dalam keadaan menyala, bukan standby (sleep).
  3. Lalu, tekan dan tahan file yang ingin kamu kirim ke perangkat lain.
  4. Pilih Share atau Bagikan, kemudian pilih transfer data via Android Beam.
  5. Terakhir, dekatkan posisi kedua perangkat sampai data berhasil dipindahkan.

Cara Pembayaran Elektronik dengan NFC (Cashless)


Fungsi NFC yang paling sering digunakan adalah untuk pembayaran seluler. Pada HP Samsung sudah tersedia aplikasi Samsung Pay yang mendukung fitur NFC, dan Google Pay yang kompatibel untuk Android versi 4.4 (kitkat) keatas.

Untuk melakukan pembayaran elektronik dari Android dengan NFC, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar ke salah satu layanan pembayaran online, baik itu Samsung Pay, Google Pay atau sejenisnya yang tentunya support NFC.

Jika kamu sudah mendaftar ke salah satu layanan pembayaran yang tersedia, kamu perlu mengaktifkan fitur NFC, kemudian dekatkan/tempelkan HP kamu ke alat pembayaran tertentu, secara otomatis NFC akan mengirim data-data yang dibutuhkan sampai proses pembayaran berhasil.

Nah, itulah artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai cara menggunakan fitur NFC di Android beserta fungsinya. Tutorial ini bisa dicoba untuk semua merk smartphone Android yang sudah dilengkapi fitur NFC, baik itu Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Menggunakan Fitur NFC di HP Android: Mudah & Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel