-->

Masyarakat Vietnam Dukung Timnas Indonesia Keluar Dari AFF : EAFF Harus Belajar Pencak Silat

Masyarakat Vietnam tampak mendukung penuh Timnas Indonesia meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Akan tetapi, warga Vietnam juga melontarkan celotehan nyeleneh jika EAFF benar-benar menerima Timnas Indonesia bertanding di sana.

Dalam laporan media Vietnam, Dantri VN, salah satu warga Vietnam sangat bersyukur jika Timnas Indonesia hengkang dari AFF. Bagi warga Vietnam, jika Timnas Indonesia meninggalkan AFF maka persaingan sepakbola Asia Tenggara bisa berkurang.

Hal itu menjadi kesempatan bagi Timnas Vietnam untuk lebih berprestasi ke depannya. Namun, masyarakat Vietnam juga menyebutkan anggota EAFF harus hati-hati dengan kehadiran Timnas Indonesia.

Pasalnya, warga Vietnam mengatakan bahwa Timnas Indonesia kerap bermain kasar. Sebab demikian, anggota EAFF wajib belajar pencak silat untuk bela diri dari kerasnya pemain Timnas Indonesia.

“Indonesia meninggalkan AFF, para pemain di AFF akan sangat bersyukur, tingkat cedera akan berkurang sekitar 90%. Sebaliknya, para pemain EAFF harus berhati-hati dan harus mengambil kelas seni bela diri, terutama pencak silat untuk melindungi diri! Mereka pergi kami senang,” ucap salah satu netizen Vietnam di kolom komentar dikutip dari laman Dantri VN.

Untuk diketahui, rumor kepindahan Timnas Indonesia dari AFF memang santer dibicarakan publik Tanah Air maupun Asia Tenggara. Hal itu menyusul adanya indikasi sepakbola gajah di lingkup Piala AFF U-19 2022.



Ketika itu, Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dicurigai melakukan main mata agar sama-sama lolos dari penyishan Grup A Piala AFF U-19 2022. Laga yang berakhir imbang 1-1 pada Minggu, 10 Juli 2022 silam memang menguntungkan keduanya.

Namun, hasil itu membuat Timnas Indonesia U-19 gigit jari. Pasalnya, skuad Garuda Nusantara gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, meski di laga pamungkas Grup A menang 5-1 atas Timnas Myanamar U-19.

Imbas dari kecurigaan itu ternyata tak main-main. Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) pun melayangkan surat protes kepada AFF. Hal itu ditujukan untuk pengusutan lebih lanjut kecurigaan PSSI terhadap adanya indikasi main mata antara Vietnam dan Thailand.

Akan tetapi, AFF belum merespons protes dari PSSI. Di sisi lain, masyarakat Indonesia mendesak agar Timnas Indonesia meninggalkan AFF dan pindah ke naungan EAFF.

Selain sebagai bentuk protes, masyarakat Indonesia berharap dengan bermain di EAFF bisa mendongkrak kualitas Timnas Indonesia ke depannya. Sebab, EAFF memang diisi oleh tim-tim papan atas Asia, di antaranya China, Jepang, hingga Korea Selatan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Masyarakat Vietnam Dukung Timnas Indonesia Keluar Dari AFF : EAFF Harus Belajar Pencak Silat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel