-->

Cara Cepat Mengatasi Face Unlock Error Pada Semartphone


Cara cepat mengatasi face unlock error pada smartphone

Mengatasi Face Unlock Error Pada Smartphone - Halo semua! Balik lagi sama ane, yang kemarin udah ngasih ulasan singkat atau review seadanya mengenai Smartphone terbaru besutan negeri tirai bambu, apalagi kalau bukan Realme 6. 

Namun pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas bukan mengenai spesifikasi dari Smartphone seperti pembahasan kita yang sebelumnya. Kali ini yang akan menjadi fokus pembahasan kita adalah tentang bagaimana / cara mengatasi face unlock error pada Smartphone kita.

Disini penulis sengaja merilis tulisan singkat ini, dengan harapan apa yang penulis sampaikan dapat membantu para pembaca yang sedang membutuhkan bimbingan atau arahan, agar Smartphone kesayangannya bisa kembali normal, khususnya pada fitur face unlock. 

Oke! Gausah basa basi lagi, langsung saja, berikut adalah beberapa tips atau langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi face unlock error pada smartphone. Tentunya kita harus paham terlebih dahulu tentang Penyebab Face Unlock Error

Penyebab Face Unlock Error dan Cara Mengatasi nya


  1. Perhatikan Pencahayaan disekitarmu
Saat mengalami face unlock error, yang pertama sekali harus kamu perhatikan adalah tingkat pencahayaan disekitar wajah kamu. Pencahayaan disekitar wajah yang terlalu terang ataupun terlalu gelap akan menggangu proses identifikasi titik wajahmu. 

Oleh sebab itu, apabila kamu hendak melakukan proses pembukaan kunci smartphone menggunakan fitur pendeteksi wajah, maka perhatikan cahaya disekitar wajahmu. Oke?

  1. Perhatikan Angle Kamu
Kegagalan atau terjadinya error saat melakukan face unlock pada smartphone bisa jadi disebabkan kesalahan memilih angle atau sudut pengambilan gambar wajahmu. Maka penting untuk diperhatikan, usahakan agar posisi wajahmu saat menghadap ke layar smartphone tidak terlalu dekat atau pun terlalu jauh. 

Pastikan pula wajah dan smartphone kamu berada sejajar, dengan mata /pandangan yang menatap ke layar smartphone. Posisi wajah yang terlalu dekat atau terlalu jauh biasanya akan menghambat proses identifikasi wajah.

  1. Singkirkan Apa pun Yang Menghalangi Kamera
Bukan hanya memperhatikan angle saat melakukan face unlock, kesalahan yang dianggap kecil seperti: kamera terhalang benda atau objek tertentu juga bisa mengganggu proses identifikasi wajah. Termasuk apabila kamera terhalang oleh kotoran, jaringan, topi, dan semisalnya.

  1. Nonaktifkan-Aktifkan Face unlock
Setelah kamu menyingkirkan objek-objek yang menghalangi kamera, dan telah memilih tempat dengan tingkat cahaya yang baik namun identifikasi wajah tetap gagal, cobalah untuk menonaktifkan fitur face unlock. 

Setelah kamu menonaktifkan fitur face unlock, matikan power smartphone, lalu hidupkan kembali. Lalu, hidupkan ulang fitur face unlock smartphone kamu.


  1. Update Operating System Smartphone Kamu
Mengatasi face unlock error

Jika seluruh langkah diatas sudah dicoba namun tetap gagal, coba perbarui OS (Operating System) perangkat smartphone kamu. Dalam beberapa kondisi terjadinya kegagalan fungsi fitur smartphone bisa dikarenakan bug yang terdapat pada OS, oleh sebab itu coba cek di bagian update system, mungkin terdapat notifikasi untuk melakukan update OS.

  1. Melakukan Reset Ulang Ke Setelan Pabrik
Masalah pencahayaan sudah diatasi namun tetap mengalami error, angle sudah dipilih dan diatur sejajar masih saja error, menonaktifkan fitur face unlock lalu menghidupkan kembali juga sama saja, update OS pun sudah, tapi masih tetap saja muncul bahwa face unlock error. 

Satu-satunya langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan factory reset atau reset ulang ke setelan pabrik. Namun perlu diingat bahwa dengan melakukan factory reset maka seluruh data aplikasi akan terhapus. Jadi harap lakukan backup terlebih dahulu.

Setelah melakukan factory reset, atur ulang mode atau fitur security face unlock kamu. Jika masih juga gagal, sebaiknya datangi gerai atau toko resmi dimana smartphone kamu beli.

Tambahan:
Sebagai tambahan untuk melengkapi artikel mengatasi face unlock error, ada baiknya kamu juga mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari system keamanan menggunakan identifikasi wajah.

Kelebihan / Keuntungan Menggunakan Face Unlock Pada Smartphone

Menggunakan face unlock pada smartphone tentu memiliki cukup banyak keuntungan atau keunggulan, seperti: proses identifikasi lebih cepat, memiliki tingkat akurasi yang lebih baik, lebih mudah digunakan karena cukup menampakkan wajah tanpa harus ketik ini itu seperti sandi.

Kelemahan / Kekurangan Dari Fitur Face Unlock Pada Smartphone

Setiap ada kelebihan, pasti ada kekurangan, begitulah pepatah yang sering kita dengar. Meskipun penggunaan fitur face unlock atau face recognition memiliki keunggulan, namun ada beberapa aspek yang bisa menjadi kelemahan dari fitur itu sendiri, seperti: system security sensitif pada perubahan usia atau umur, dibutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk merekam matematika wajah hingga tersimpan didalam program.

Daftar Smartphone Yang Memiliki Fitur Face Unlock

Jika kamu tertarik membeli smartphone baru yang menawarkan fitur security face unlock, berikut daftar smartphone yang mungkin bisa kamu pilih. Ohiya, daftar smartphone ini sengaja kami pilih dengan range harga dibawah 2 jutaan. Jadi harganya ga terlalu mahal-mahal amat. Berikut selengkapnya.
  1. Redmi Note 5 Pro
  2. Asus Zenfone Max Pro M1
  3. Zenfone Max M1
  4. Infinix Hot 6 Pro
  5. Oppo A3S
  6. Vivo Y91
Jika anda masih bingung mau pilih Oppo A3s atau Vivo Y91 anda wajib Baca : Lebih Bagus Vivo Y91 atau Oppo A3s

Mungkin itu saja kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari cara mengatasi face unlock error pada Smartphone. Seperti biasa, bagikan artikel ini jika dirasa telah memberikan manfaat buat kamu. Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel kita berikutnya. Bye!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cepat Mengatasi Face Unlock Error Pada Semartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel